Follow Us

Akibat Kecapekan Rapat Online, CEO Zoom Ngaku Alami 'Zoom Fatigue'

Bagas Rahadian - Jumat, 07 Mei 2021 | 15:30
CEO Zoom, Eric S. Yuan.
Twitter/@ericsyuan

CEO Zoom, Eric S. Yuan.

HAI-Online.com - Selama pandemi covid-19, rapat online seakan sudah menjadi rutinitas hampir sebagian besar para pekerja dunia.

Sebab, hingga saat ini masih banyak perusahaan dan instansi yang memberlakukan work from home atau kerja dari rumah bagi karyawan mereka.

Rutinitas rapat online tersebut lambat laun membuat banyak orang dilanda rasa lelah, jenuh, dan gelisah.

Baca Juga: Najwa Shihab Sakit Usus, Sudah 3 Hari Dirawat di RS, Banyak Doa Tak Banyak yang Jenguk

Perasaan semacam itu umum disebut sebagai "Zoom fatigue".

Meskipun dinamakan Zoom Fatigue, tapi gejala ini berlaku untuk semua rapat online melalui platform manapun, tidak hanya Zoom.

Bukan hanya orang-orang biasa saja yang mengalami Zoom Fatigue. Ternyata, seorang Eric Yuan yang merupakan CEO Zoom juga merasakan hal yang sama.

Hal tersebut diakui Yuan saat melakukan pertemuan virtual dengan para CEO yang diadakan oleh Wall Street Journal. Yuan mengaku, ia pernah menghadiri 19 rapat online dalam sehari.

"Saya sangat lelah dengan itu," aku Yuan sambil tertawa kecil.

"Saya juga mengalami meeting fatigue. Saya tidak lagi menghadiri rapat beruntun dan rasanya jauh lebih nyaman sekarang," imbuh Yuan, dirangkum KompasTekno dari The New York Post, Jumat (7/5/2021).

Terlepas dari efek samping rapat online, Yuan menginginkan karyawannya untuk kembali mengadakan rapat tatap muka seperti sebelum pandemi.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest