Follow Us

Zoom Dikabarkan Bakal Sediain Fitur Baru Terjemahan 12 Bahasa, Ini Detailnya

Ferry Budi Saputra - Jumat, 17 September 2021 | 20:35
ilustrasi aplikasi zoom meeting

ilustrasi aplikasi zoom meeting

HAI-Online.com - Era pandemi tentu Zoom menjadi platform yang banyak digunakan oleh para pekerja dan juga bagi para pelajar sebagai media komunikasi.

Fitur yang tersedia dalam Zoom kali ini memang sangat memudahkan penggunanya dalam melakukan komunikasi. Tetapi, nggak cuma itu, dalam konferensi Zoomtopia tahunan Zoom telah memperkenalkan fitur baru untuk membuat rapat video lebih produktif dan membantu budaya kerja jarak jauh.

Melansir Kompas.com, informasi dari Gadgets NDTV, Kamis (16/9/2021), Zoom mengumumkan bahwa mereka akan segera menambahkan transkripsi dan terjemahan multi-bahasa real-time untuk panggilan Zoom.

Fitur baru terjemahan real-time akan membantu mengubah bahasa ke dalam bahasa tertentu selama panggilan video. Zoom akan menggunakan algoritma yang didukung kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML) untuk mentranskripsikan apa yang dikatakan pembicara ke dalam teks.

Baca Juga: Mirip Instagram, Twitter Uji Coba Timeline Fullscreen untuk iOS

Zoom direncakan bakal memperluas transkripsi otomatis ke 30 bahasa dan menambahkan terjemahan langsung ke 12 bahasa di tahun depan.

Pengumuman ini disampaikan setelah Zoom mengakuisisi perusahaan terjemahan bernama Kites. Zoom membeli startup Jerman pada Juni 2021.

Informasi dari Cnet pada Senin (13/9/2021), eksekutif Zoom mengatakan, Zoom akan menggunakan machine learning dan pemrosesan bahasa alami untuk terlebih dahulu menyalin bahasa lisan, kemudian setiap peserta akan dapat menerjemahkan ke bahasa mereka sendiri.

Baca Juga: Jangan Posting Video TikTok Kemaleman, Nanti Nggak Masuk FYP Lho, Ini 3 Tips Pentingnya!

Untuk versi betanya sendiri akan tersedia pada bulan ini dan fitur tersebut akan tersedia secara umum pada akhir tahun.

Sementara itu, daftar bahasa dikabarkan belum fix, bakalan ada 30 transkripsi dan 12 opsi terjemahan pada akhir 2022. Dalam konferensi itu juga diumumkan sejumlah fitur baru lainnya, salah satunya Zoom Whiteboard.

Fitur ini merupakan kanvas digital yang memungkinkan karyawan jarak jauh dan di kantor untuk berinteraksi melalui papan tulis virtual. Dengan Zoom Whiteboard peserta rapat dapat menulis di papan tulis digital baik dari desktop atau tablet.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest