Follow Us

Waspada, Diare Ternyata Bisa Jadi Gejala Awal Infeksi Virus Corona

Bayu Galih Permana - Kamis, 09 April 2020 | 15:35
Ilustrasi diare
PIXABAY/DERNEUEMANN

Ilustrasi diare

HAI-Online.com - Seperti kita tahu, virus corona yang menjadi penyebab penyakit Covid-19 memiliki 3 gejala utama seperti demam, batuk kering, dan sesak napas.

Nggak cuma itu aja, ternyata ada masalah kesehatan lain yang bisa menjadi pertanda bahwa tubuh terinfeksi virus corona, yaitu diare.

Fakta mengenai diare yang menjadi gejala terinfeksi virus corona ini sendiri disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melalui situs resmi mereka.

Dalam keterangannya, dituliskan bahwa sebagian pasien yang terinfeksi Covid-19 mengalami rasa nyeri di seluruh tubuh, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, atau pun diare.

Baca Juga: Sampai Berdebu, Puluhan Motor di Penitipan Motor Stasiun Senen dan Bekasi Nggak Diambil Pemiliknya, Lebih Dari Setahun!

“Banyak pasien Covid-19 yang mengalami diare sebagai gejala awalnya dan tidak menunjukkan gejala gangguan pernapasan,” ungkap dokter spesialis penyakit menular Rajeev Fernando.

Penelitian yang dimuat dalam American Journal of Gastroenterology juga menyebutkan pasien Covid-19 bisa mengalami gangguan pencernaan, seperti diare, muntah, dan mual-mual.

Gejala diare dialami sekitar 20 persen dari pasien positif Covid-19 yang diteliti, sisanya mengalami diare sekitar 10 hari usai mereka mengalami gangguan pernapasan.

“Pada sebagian kasus, gangguan pencernaan, terutama diare, bisa jadi gejala awal Covid-19 dan juga pada di akhir, atau bahkan tidak muncul bersama dengan demam dan gangguan pernapasan,” katanya.

Baca Juga: Kenang Glenn Fredly, Iwan Fals Bagikan Video Pertemuan Terakhir dengan Sang Penyanyi

Menurut Fernando, virus memang bisa memperbanyak diri dan berkembang di saluran cerna, seperti halnya saluran napas, serta menyebabkan diare.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest