Follow Us

Larry Tesler, Pencipta Fitur 'Copy, Cut, dan Paste' Meninggal Dunia

Ricky Nugraha - Kamis, 20 Februari 2020 | 13:36
Larry Tesler
Gizmodo

Larry Tesler

HAI-online.com - Larry Tesler, ilmuwan komputer yang terkenal karena menciptakan fitur Cut, Copy and Paste di komputer, dikabarkan telah meninggal dunia.

Pria yang pernah bekerja di Xerox PARC, Apple, Amazon, dan Yahoo! ini meninggal di usia 74 tahun.

Nama Tesler mungkin nggak setenar revolusioner lain di industri teknologi, tapi ciptaannya itu nggak diragukan lain telah membantu jutaan orang di seluruh dunia.

Bayangin deh kalau nggak ada fitur yang mungkin terlihat sederhana tersebut. Bakal ribet kan kehidupan sehari-hari kita, apalagi di masa sekarang yang udah sangat mengandalkan teknologi. Semua itu berkat Larry Tesler.

Baca Juga: Karyawan IG Tugasnya Kebanyakan, Jadinya Sampai Sekarang Instagram Belum Ada di iPad

Larry Tesler lahir di Amerika dan menempuh kuliah di Universitas Stanford untuk belajar ilmu komputer, sebelum bergabung dengan Pusat Penelitian Palo Alto (PARC) Xerox pada tahun 1973.

Di sana, ia menciptakan Crtl+C dan Crtl+V, meskipun mungkin terlalu awal untuk membuat shortcut keyboard tersebut.

Menurut Gizmodo, Larry, bersama dengan Tim Mott, membantu mengembangkan 'antarmuka grafis berbasis mouse' bernama Gypsy, yang merupakan versi pertama dari layout komputer yang kita kenal sekarang.

Gypsy digambarkan sebagai 'antarmuka klik dan ketik di mana pengguna dapat, kapan saja, memasukkan teks pada titik penyisipan saat ini, atau klik di mana posisi titik penyisipan harus direposisi'.

Baca Juga: Bukan Dilipat, Smartphone Unik Ini Justru Layarnya Bisa Memanjang

Kedengarannya memang biasa aja dan sepele, tapi perlu diingat bahwa ini terjadi pada beberapa dekade yang lalu.

Setelah muncul dengan teknologi terobosan itu, ia bekerja di Apple dari tahun 1980 hingga 1997, di mana ia pernah punya beberapa jabatan seperti Wakil Presiden AppleNet dan Kepala Ilmuwan Apple.

Source : Gizmodo, LAD BIBLE

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest