Follow Us

Google Hentikan Program WiFi Gratis di Indonesia Karena Harga Data Turun

Dio Firdaus - Rabu, 19 Februari 2020 | 11:15
Google Station
Google

Google Station

HAI-ONLINE.COM - Salah satu program Google untuk memberikan akses internet ke semua orang di Indonesia akan segera dihentikan.

Pengumuman ini disampaikan oleh Jason Tedjasukmana selaku Head of Corporate Communications Google Indonesia di acara Grow with Google, kemarin (18/2) di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat.

Jason mengatakan kalau perubahan teknologi dan semakin murahnya harga data paket internet seluler di Indonesia menjadi alasan Google menghentikan program ini.

“Contohnya India, semenjak Google Stations dibuat tahun 2016, harga data sudah turun 95 persen. Saya nggak tahu di sini bagaimana, tapi saya lihat di sini juga harga datanya turun,” jelas Jason yang HAI kutip dari KompasTekno.

Jason juga menjelaskan, Google Stations dibuat untuk membantu penyedia jasa internet (ISP) agar memiliki koneksi internet yang lebih cepat. Namun dirinya juga belum tau program apa yang akan menggantikan Google Stations di Indonesia.

Baca Juga: Lirik 'No Time To Die' Jadi Kode Akhir Kisah James Bond, Bener Nggak Sih?

Sudah berjalan sejak 2017

Untuk kamu yang belum tau, Google Stations ini udah berjalan di Indonesia sejak 2017 lalu. Saat pertama kali meluncur, program Google ini menyediakan area WiFi gratis untuk public yang bekerja sama dengan ISP local CBN dan Fiberstar.

Google sendiri mengelola kualitas koneksi WiFi dengan menggunakan software miliknya sendiri. Sementara tugas CBN dan FiberStar adalah menyediakan kabel dan akses internet yang akan disebarkan sebagai WiFi.

Nggak hanya di Indonesia, program ini juga sudah ada di negara-negara berkembang lainnya seperti India, Meksiko, Thailand, dan Nigeria.

Sayangnya, program ini juga akan dihentikan di negara-negara tersebut. (*)

Source : kompastekno

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest