Follow Us

Takut Rugi, Apple yang Didesak Ganti Konektor Lightning ke USB, Ogah Lakukan Karena Alasan Ini!

Ricky Nugraha - Rabu, 29 Januari 2020 | 16:05
Konektor Lightning di kabel charger perangkat Apple
Apple

Konektor Lightning di kabel charger perangkat Apple

HAI-online.com - Komisi Eropa telah mendesak pabrikan gadget untuk menggunakan standar charger (USB) yang sama di perangkat seperti smartphone dan tablet.

Meski sebagian besar vendor sudah mengikuti imbauan ini, tapi Apple masih ngotot menggunakan Lightning.

Atas keputusannya ini, Apple belakangan ini berdalih nggak mau ganti ke USB karena pandangan bahwa keseragaman jenis konektor bakal "menghambat inovasi", serta "merugikan konsumen dan ekonomi Eropa".

Apple mencontohkan jumlah perangkatnya yang menggunakan konektor Lighting sudah mencapai kisaran 1 miliar. Belum lagi aneka ekosistem seperti aksesori berbasis Lighting yang sama ini eksis menyokong konsumen gagdet tersebut.

Baca Juga: Gampang Banget, Ini Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus

Karena itu, peraturan baru yang memaksa penerapan charger universal akan berdampak langsung ke begitu banyak pemilik perangkat berbasis Lightning -seperti iPhone dan iPad- berikut aksesorinya, baik di Eropa maupun seluruh dunia selebihnya.

"Akan ada tumpukan sampah elektronik dalam jumlah sangat besar dan ini akan membuat pengguna tidak nyaman," sebut Apple dalam pernyataannya seperti dikutip dari dari MS Power User.

Padahal, Apple sebelumnya sudah pernah mengganti konektor untuk gadget bikinannya, yaitu dari dock 30-pin menjadi Lightning pada 2012. Saat itu mereka nggak menyinggung soal dampaknya untuk para pengguna.

Apple sendiri saat ini sudah "setengah beralih" dengan memakai USB-C di jajaran MacBook dan iPad Pro terbaru.

Baca Juga: Pocophone Terbaru Akan Rilis Bulan Depan Dengan Layar Setingkat ROG 2

Namun, iPhone hingga kini masih menggunakan konektor Lightning, meskipun charger di beberapa model (iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max) sudah menggunakan konektor USB-C terhubung ke ponsel dnegan kabel USB-C ke Lightning.

Pendekatan macam charger USB-C dengan kabel yang memiliki ujung konektor Lightning ini, menurut Apple, akan lebih nyaman dan ekonomis untuk konsumen, ketimbang ikut mengganti konektor Lighting di iPhone dengan USB-C.

Komisi Eropa rencananya akan mempublikasikan studi dampak penggunaan standar charger universal pada akhir Januari atau Februari mendatang.

Sementara itu, rencana peraturan soal keharusan memakai standar charger yang sama terus dimatangkan. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest