Follow Us

Dari Malaria Sampai Kencing Tikus, Hati-Hati 6 Penyakit Saat Musim Hujan

Dio Firdaus - Rabu, 04 Desember 2019 | 13:36
Ilustrasi hujan
iStockphoto

Ilustrasi hujan

HAI-ONLINE.COM- Memasuki Desember, sebagian besar wilayah di Indonesia sudah mulai diguyur oleh hujan. Rumah kamu udah mulai ujan belum nih sob?

Hal ini tentunya menjadi momen yang ditunggu-tunggu warga Indonesia khususnya Jakarta. Karena selama ini Indonesia matahari mengambil alih hari sampai nggak mengizinkan hujan untuk turun.

Meskipun begitu, tetap ada penyakit yang nggak luput mengintai tubuh kamu selama musim hujan. Menghimpun dari Hellosehat, ini dia nih beberapa penyakit musim hujan yangharus kamu waspadai.

Baca Juga: Berkat Avengers, Silver Surfer Kini Kembali ke Marvel Universe

1. Influenza atau flu

Influenza di daerah tropis dinyatakan nggak mengenal musim. Meskipun pada musim dingin atau musim hujan, orang menjadi sangat rentan terjangkit virus influenza.

Penyakit yang disebabkan oleh virus influenza A, B atau C ini dapat menyebar melalui batuk, bersin, atau hanya dengan sentuhan pada benda yang sudah terkontaminasi oleh penderita flu.

"Influenza itu sebenarnya berbahaya dan mengancam nyawa, juga sangat berpotensi menjadi wabah karena dapat menular dengan cepat. Bahaya kalau sampai komplikasi," kata Ketua Perhimpunan Alergi-Imunologi Indonesia Prof Dr dr Iris Rengganis SpPD yang HAI kutip dari Kompas.com"

Pada kondisi parah, influenza bisa mengakibatkan komplikasi seperti pneumonia, gagal ginjal, gagal hati, hingga kematian.

2. Diare

Diare merupakan penyakit yang ditandai dengan gejala encernya feses yang dikelurakan dan frekuensi baung air besar yang lebih sering daripada biasanya.

Source : kompas, hellodokter.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest