Follow Us

3 Alasan Mengapa Kebiasaan Ngecek Ponsel Saat Bangun Tidur Itu Harus Dihentikan

Ricky Nugraha - Selasa, 05 November 2019 | 15:13
Ilustrasi ngecek ponsel saat bangun tidur

Ilustrasi ngecek ponsel saat bangun tidur

HAI-online.com - Sebagian besar orang pasti langsung cari ponsel saat bangun tidur. Entah untuk matiin alarm, ngecek notif, buka medsos atau lakukan hal-hal lainnya.

Namun, masih banyak juga yang belum sadar bahwa kebiasaan buruk mengecek ponsel saat bangun tidur sebenarnya dapat berdampak pada otak dan aktivitas kita sepanjang hari.

Menurut penelitian, layar LED pada perangkata elektronik mengeluarkan apa yang disebut sebagai cahaya biru yang kebanyakan justru berwarna putih terang dan memiliki efek buruk pada manusia.

Menurut studi yang dilakukan IDC Research, sekitar 80 persen orang memeriksa ponsel mereka selama 15 menit sesaat setelah bangun tidur.

Ini merupakan kebiasaan buruk yang harus dihentikan. Berikut tiga alasan mengapa kalian harus menghentikan kebiasaan tersebut:

Baca Juga: Sering Disebut Karena Ngintip, Sebenarnya Ini Penyebab Bintitan

1. Meningkataakan stres dan kecemasan

Ketika bangun tidur lalu mengecek ponsel, orang-orang biasanya akan dibombardir dengan tumpukan, pesan, e-mail, pemberitaan negatif yang ada di sekitar, dan lain sebagainya.

Hal-hal ini akan menciptakan perasaan stres dan cemas seharian. Rangsangan eksternal yang diberikan ponsel nggak memberi kita waktu dan ruang untuk memulai hari dengan tenang.

Jika setelah memeriksa e-mail atau WhatsApp grup, orang-orang mungkin akan berpikir hari ini akan sangat sibuk dan melelahkan, yang mungkin bisa jadi salah satu gejala kecemasan.

Hal ini pun didukung riset yang dilakukan University of Gothenburg di Swedia. Tim ahli yang melakukan riset pada pengguna ponsel pintar (smartphone) berusia 20 tahunan ini menemukan, penggunaan ponsel yang tinggi berkorelasi pada peningkatan depresi, baik pada pria maupun wanita.

Jadi, jika ingin memulai hari tanpa diselimuti perasaan terburu-buru, stres, dan cemas, berhentilah memeriksa ponsel saat bangun tidur. Sebagai gantinya, coba sesuatu yang membuat pikiran lebih rileks dan siap menjalani hari.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular