Follow Us

Sering Disebut Karena Ngintip, Sebenarnya Ini Penyebab Bintitan

Dio Firdaus - Selasa, 05 November 2019 | 09:11
Ilustrasi bintitan
iStockphoto

Ilustrasi bintitan

Hai-online.com- Setiap kali mata kita bintitan atau melihat teman yang bintitan, pasti langsung dituduh karena sering mengintip orang mandi atau segala macem.

Meskipun kita tau teman kita hanya bercanda, tapi ternyata mitos ini sudah mengakar di masyarakat Indonesia dan kayaknya harus dihentikan sekarang deh.

Karena semuanya itu nggak benar sob. Bintitan yang dialami seseorang itu bukanlah efek samping dari mengintip -tapi tetep nggak boleh ngintipin orang ya!

Baca Juga: Marc Marquez Ucapkan Bela Sungkawa dan Beri Penghormatan Pada Afridza Munandar

Melansir dari Mayo Clinic, bintitan atau nama kerennya Hordeolum ini adalah kondisi di mana adanya benjolan warna merah pada kelopak mata yang terjadi karena adanya peradangan.

Peradangan ini ada akbit infeksi dari bakteri staphylocuccus yang menyerang kelenjar penghasil minyak di kelopak mata.

Menghimpun dari Gridhealth, ada beberapa kebiasaan yang sering banget menimbulkan bintitan di antaranya menyentuh mata dengan tangan yang kotor dan memakai lensa kontak yang nggak steril.

Meskipun bintitan bisa sembuh dengan sendirinya, tapi kalau kamu bintitan tapi dalam beberapa waktu nggak juga sembuh, langsung aja ke dokter sob.

Karena bintitan ini juga bisa menimbulkan komplikasi yang serius, yaitu munculnya krista akibat tersumbatnya kelenjar pada kelopak mata kita.

Lebih parahnya lagi, bisa juga mengalami peradangan pada ujung kelopak mata atau mengalami penyakit rosacea yang menyebabkan kulit wajah memerah.

Source : Gridhealth.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest