Follow Us

Kaca Film Mobil di Jepang Nggak Ada yang Gelap, Ternyata Ini Alasannya

Ricky Nugraha - Sabtu, 02 November 2019 | 16:30
Ilustrasi mobil di Jepang
Kompas.com

Ilustrasi mobil di Jepang

HAI-online.com - Di Jepang memang nggak banyak mobil pribadi berseliweran di jalan raya seperti di Indonesia. Namun, ada satu fakta menarik tentang mobil pribadi di Negeri Matahari Terbit tersebut.

Hampir semua pengguna mobil pribadi nggak ada yang menggunakan kaca film pada bagian depannya. Ini tentu sangat berbeda dengan kultur di Indonesia yang justru saling berlomba menggelapkan kaca film dengan beragam alasan.

Ternyata, hal tersebut memang udah menjadi regulasi bagi setiap pemilik mobil di Jepang. Alasannya pun cukup klasik, yakni terkait masalah keamanan.

"Depan dan samping baris pertama harus clear atau terang supaya polisi mudah memantau pengendaranya, kalau bagian belakang boleh (pakai kaca film)," ucap Head, Demand & Supply Section Sales Planning Department Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Ryo Kawasaki, ketika berbincang dengan Kompas.com.

Baca Juga: Canggih! Sebentar Lagi STNK Bentuknya Bakal Jadi Kartu dan Serbaguna

Ia menjelaskan bahwa polisi di Jepang biasa memantau pelanggaran lalu lintas melalui kamera CCTV yang banyak beredar disetiap sudut jalan.

Sistemnya pun nggak beda jauh seperti tilang elektronik yang baru diterapkan di Jakarta belakangan ini. Bila ada pelanggaran, polisi akan memberikan tilang ke alamat dari registrasi pelat nomor pemilik mobil.

Namun nggak cuma karena regulasi aja, faktor lain pemilik mobil di Jepang nggak menggunakan kaca film gelap pada bagian depan dan samping, ternyata juga dikarenakan adanya unsur budaya.

Andre, selaku local tour guide menjelaskan bahwa masyarakat Jepang cukup terkenal dengan budaya hormat dan menghargai. Atas dasar itu, penggunaan kaca film gelap pada bagian depan dianggap kurang sopan.

Baca Juga: Terjaring Operasi Zebra, Pengendara Motor Pura-pura Kesurupan Biar Nggak Ditilang

"Budayanya seperti itu, jangankan kaca film di mobil, pakai kaca mata hitam saat sedang berbincang saja itu sudah dianggap tidak sopan, karena tak langsung menatap mata. Mobil-mobil di Jepang selalu kalau diperhatikan tidak ada kaca gelap, kecuali mungkin mobil dinas perdana menteri," ujar Andre.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Kenapa Kaca Film Mobil di Jepang Tak Ada yang Gelap."

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest