Follow Us

Seniman Ini Ubah Stadion Sepak Bola di Austria Jadi Hutan Sebagai Bentuk Kritik

Ricky Nugraha - Rabu, 18 September 2019 | 17:45
Instalasi seni hutan di dalam Stadion Wörthersee, Austria
Gerhard Maurer

Instalasi seni hutan di dalam Stadion Wörthersee, Austria

HAI-online.com - Kalo kita melihat ke bagian dalam stadion sepak bola saat sedang sepi, biasanya akan terlihat pemandangan hamparan rumput yang luas.

Namun, ada pemandangan baru yang bisa dilihat di salah satu stadion di Austria. Bagian dalam stadion itu nggak cuma memperlihatkan hamparan rumput yang luas, melainkan juga banyak pepohonan yang membuatnya menjadi seperti hutan.

Stadion Wörthersee milik Pemerintah Kota Klagenfurt itu untuk sementara waktu nggak bisa digunakan untuk bermain sepak bola karena adanya hutan di dalam lapangan stadion tersebut.

Hutan tersebut memang nggak tiba-tiba tumbuh secara alami, karena hutan di Stadion Wörthersee itu merupakan instalasi seni karya seniman yang berasal dari Swiss, Klaus Littmann.

Baca Juga: Kewl, Patung Iron Man 'Endgame' Ini Disusun dari 35.000 Keping LEGO

Littmann menancapkan lebih dari 300 pohon berbagai jenis di sana, mulai dari pohon aspen, ek, betula, sampai larix.

Karya seni yang diberi nama For Forest itu terinspirasi dari ilustrasi seniman Austria, Max Peintner, yang dibuat pada tahun 70'-an.

Ilustrasi Peintner yang berjudul "The Unending Attraction of Nature" itu menampilkan hutan digambarkan berada di dalam stadion.

Ilustrasi tersebut sebagai kritikan untuk manusia yang gemar membangun berbagai bangunan tanpa menyadari dampaknya untuk alam.

Baca Juga: Manfaatkan Sampah, Seniman Sulap Arloji Rusak Jadi Patung Steampunk

Littmann dalam karyanya ini pun juga mempunyai visi yang nggak jauh beda, yaitu agar khalayak tahu ada perubahan iklim dan semakin gencarnya penebangan hutan.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular