Follow Us

Masih Muda tapi Udah Punya Uban? Ini Mungkin Jadi 5 Penyebabnya

Ricky Nugraha - Senin, 01 Juli 2019 | 16:26
Ilustrasi
Doc. HAI

Ilustrasi

HAI-online.com - Rambut yang berubah warna menjadi putih atau disebut uban biasanya muncul seiring bertambahnya usia, dan semakin banyak saat mendekati usia paruh baya.

Oleh karena itu, uban dianggap sebagai penanda bahwa seseorang sudah tua. Namun, nggak jarang uban muncul pada orang yang berusia masih relatif muda.

Lalu, apakah hal tersebut adalah sesuatu yang normal?

Rambut muncul dari folikel rambut, yaitu semacam kantung kecil yang berada di permukaan kulit. Folikel ini mengandung pigmen melanin, yang bertanggung jawab atas warna rambut.

Seiring bertambahnya usia, pigmen melanin ini semakin memudar, sehingga dapat menghasilkan rambut tanpa pigmen yang dikenal sebagai uban.

Baca Juga: Survei Bulan Ini: Berat Badan Warga Indonesia Naik 6 Kilogram Lho!

Sebenarnya, munculnya uban pada usia muda memiliki beberapa penyebab yang berbeda. Berikut adalah beberapa penyebab utama kemunculan uban sebelum waktunya:

1. Faktor genetik

Menurut studi, kemunculan uban prematur berkaitan kuat dengan faktor genetik. Artinya, jika terdapat kasus uban prematur di salah satu anggota keluarga, maka kita memiliki kemungkinan besar untuk mengalami hal yang sama.

Studi ini juga menemukan bahwa terdapat perbedaan usia awal kemunculan uban di usia dini pada tiap etnis. Pada etnis Kaukasian, uban dapat muncul pada usia sekitar 20 tahun, sedangkan pada populasi Asia 25 tahun dan 30 tahun pada populasi Afrika.

Baca Juga: Ini Penjelasan Kenapa Lo Sebaiknya Jangan Nyeker di Pesawat, Banyak Bahayanya!

Halaman Selanjutnya

2. Stres
1 2 3

Source : Healthline, Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest