Follow Us

Unpad Buka 8 Prodi Sarjana Terapan Baru, Catat Nih Jadwal Pendaftarannya

Bayu Galih Permana - Sabtu, 29 Juni 2019 | 10:30
Universitas Padjadjaran
CIPTA PERMANA/TRIBUN JABAR

Universitas Padjadjaran

HAI-Online.com - Pada tahun akademik 2019/2020 mendatang, Universitas Padjadjaran (Unpad) diketahui akan membuka pendaftaran delapan program studi baru dari berbagai disiplin keilmuan, untuk program vokasi sarjana terapan.

Kepastian ini didapat melalui pernyataan resmi yang disampaikan oleh Pelaksana Rektor Unpad, Rina Indiastuti melalui keterangan di laman resmi Universitas Padjadjaran pada Kamis kemarin (27/6).

Dalam keterangannya, Rina menjelaskan bahwa keputusan Unpad membuka 8 prodi baru untuk program vokasi sarjana terapan adalah guna memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang kompeten pada era revolusi industri 4.0.

“Kami merespons permintaan dunia usaha, industri, dan pemerintahan akan kebutuhan sarjana terapan sehingga mereka bisa langsung bekerja di bidang yang sesuai dengan kompetensi dan kualifikasi,” terang Rina.

Baca Juga: Viral Kartu Nama Calo Masuk Universitas Brawijaya Malang, Kasih Jaminan Lolos Lewat Jalur Belakang

Menariknya, semua program studi baru ini nantinya akan bekerja sama dengan berbagai badan usaha, industri, dan sektor pemerintahan terkait, guna menjaga keunggulan dan kualitas dari prodi vokasi tersebut.

Kerja sama pertama yaitu merumuskan pencapaian pembelajaran atau kurikulum karena lulusan program vokasi diharapkan bisa langsung kerja sehingga harus diketahui sasaran dunia kerjanya dan kurikulum yang ditempuh.

Sementara itu, kerja sama kedua adalah penempatan praktik kerja sebagai bentuk keseimbangan antara teori dan praktik. Inilah yang membedakannya dari prodi sarjana reguler.

“Ciri khas vokasi adalah praktiknya sama banyak, (bahkan) akan bisa lebih besar. Praktik itu untuk mengasah keterampilan,” terang Rina lebih lanjut.

Kedelapan program studi baru yang dibuka oleh Universitas Padjadjaran pada tahun akademik 2019/2020 di antaranya:

  • Akuntansi Sektor Publik
  • Bisnis Internasional
  • Pemasaran Digital
  • Teknologi Industri Kimia
  • Bisnis Logistik
  • Kearsipan Digital
  • Pariwisata Bahari
  • Agroteknopreuneur
Bagi kalian yang tertarik, pendaftaran untuk program sarjana terapan Universitas Padjajaran akan mulai dibuka 1 Juli (mulai jam 13.00 WIB) sampai 13 Juli (hingga pukul 23.59 WIB) mendatang, dengan mengakses langsung laman Unpad di sini.

Gimana nih sob, siapa aja di antara kalian yang tertarik buat daftar program sarjana terapan Unpad? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest