Follow Us

Champions’ Hub 2019: Indonesia Jadi Tuan Rumah Pelatihan Barista Dunia

Al Sobry - Kamis, 07 Maret 2019 | 15:27
Champions’ Hub 2019: Indonesia Jadi Tuan Rumah Pelatihan Barista Dunia
Sobry

Champions’ Hub 2019: Indonesia Jadi Tuan Rumah Pelatihan Barista Dunia

HAI-Online.com – Satu kebanggaan baru bagi Indonesia, selain kaya akan ragam biji kopinya, negara kita juga menjadi daya tarik bagi para barista dunia untuk berlatih meracik kopi paling enak!

Yap, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Champions’ Hub 2019. Buat yang belum tahu, Champions‘ Hub adalah ajang bertemunya barista dunia untuk mengasah kemampuan teknis dan non-teknis sebelum tanding di ajang World Barista Champhionship, di Boston, Amerika Serikat, pada bulan April mendatang.

Champions’ Hub ini program yang diprakarsai oleh Simonelli Group, pemimpin pasar mesin kopi dunia untuk memberikan akses terhadap informasi yang relevan dan terbaru, dan juga pelatihan kepada para National Barista Champion untuk meningkatkan kinerja mereka dalam persiapan ke level internasional.

Baca Juga : Cewek Ini Jadi Barista Meski Awalnya Nggak Suka Kopi, Kamu Gimana?

“Selama 2 hari digelar, acara ini intensif diisi dengan seminar yang mengarahkan barista untuk punya expect gimana peraturan, regulasinya (di World Barista Champhionship.red). Nanti dari pemenang sebelumnya juga bakal sharing pegalaman, sharing waktu yang harus dipersiapkan gimana dan lainnya," ujar Stephanie sebelum acara digelar pada 5-6 Maret 2019 di Jakarta Utara.

Acara ini dihadiri oleh 38 barista baik dari dalam maupun luar negeri. Mendatangkan pemateri terbaik yaitu pakar kopi dunia, antara lain Lauro Fioretti (2016 WBC Certified Judge), Dale Harris (2018 World Barista Champion), Mathieu Theis (2018 3rd World Barista Champion), Hidenori lzaki (2014 World Barista Champion), Michael Yung (WCE Head Judge), dan Samo Smrke (Coffee Scientist).

Nah, Indonesia jadi negara kedua setelah kegiatan pertama diselenggarakan di Belforte, Italia.Jika Champions’ Hub pertama terbuka hanya untuk pada National Barista Champion, untuk Champions’ Hub di Jakarta ini terbuka untuk semua barista yang berminat.

Untuk penyelenggaraan kegiatan bergensi ini, PT Toffin Indonesia dipercaya sebagai fasilitator yang memfasilitasi seluruh kebutuhan teknis dan non-teknis selama acara berlangsung.

Champions’ Hub 2019 beragendakan seminar tentang pengenalan kepada World Barista Championship, peraturan kompetisi, bagaimana barista harus menjadwalkan pelatihan sebelum kompetisi, serta mengenai pentingnya kopi disajikan secara fresh dilihat dari segi scientific.

Mikael jasin

Mikael jasin

Mikael Jasin, perwakilan Indonesia dalam ajang Champions' Hub 2019 berpendapat bahwa momen ini merupakan kesempatan emas bagi barista Indonesia untuk menggali ilmu dan refleksi diri.

"Ajang ini bisa menjadi momen untuk mengukur kemampuan barista dunia sebelum tanding ke World Barista Championship," ujarnya.

Head of Marketing & Communication Departement Simonelli Group, Maurizio Giuli juga memandang seiring perkembangan industri kopi dunia, kini profesi barista mulai digandrungi banyak kalangan.

Profesi ini pun kian melambung seiring maraknya kedai speciality coffee dan imej keren sebagai seorang peracik kopi. Dia mengatakan alasan diadakannya pelatihan barista dalam Champions’ Hub 2019 ini, agar para barista di wilayah Asia, khususnya Indonesia juga memiliki keahlian yang sama dengan para barista di tingkat dunia.

"Sebagai perusahaan, Kita mau dukung acara ini, semua orang bisa mengikuti lomba ini dan berkesempatan untuk menang. Kegiatan ini akan berlanjut di tahun-tahun berikutnya di beberapa lokasi lain di seluruh dunia untuk memberikan kemudahan akses untuk para barista,” ujar Maurizio. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest