Mitski Ungkap Alasan Nggak Jadi Berhenti Bermusik: Kadang Menyakitkan, Tapi Cuma di Musik Gue Bisa Begini...

Selasa, 28 Desember 2021 | 12:00
Ebru Yildiz

Mitski

HAI-Online.com - Sebelum kembali mengumumkan karya terbarunya, Mitski sempat mengungkapkankeputusannya untuk berhenti sejenak dalam musik pada 2019 lalu.

Saat itu, Mitski mengungumkan hal ini saat manggung di Central Park Summerstage di New York yang bakal menjadi "panggung terakhir" baginya sebelum memutuskan hiatusnya.

Mengonfirmasi hal tersebut, Mitski berbicara pada Rolling Stone untuk mengklarifikasi pandangannya tentang karier artistiknya saat itu.

Benak dan emosi Mitski membuncah kala itu. Mitski merasa tersakiti dengan segala industri dan tetek bengeknya, sehingga dia memutuskan untuk berhenti menulis lagu sementara.

"Saat itu gue berpikiran kalo show tersebut adalah penampilan terakhirku, berhenti dan menemukan jalan hidup yang baru. Industri dan dunia musik perlahan mengikis jiwaku, menyakitkan," jelas Mitski menjelaskan skalaprioritasnya ketika berhenti bermusik pada 2019.

Baca Juga: Gara-gara Terkesan Mengejek Lawan, Asnawi Mangkualam pun Dimarahi Bokapnya

Untuk bertahan di industri musik, Mitski beranggapan kalo dirinya harus terus menerus menguras energi dan emosinya untuk bisa terus produktif dalam berkarya.

"Beberapa tahun gue melakukan yang sama setiap harinya, hatiku benar-benar mati rasa. Dan asal kalian tahu, untukmenulis musik, tentu gue membutuhkan perasaan yang muncul di hati gue. Ini kemudian menimbulkan paradoks yang muncul di pikiranku," ungkap Mitski.

Pada masa itu, Mitski begitu "marah" terhadap dirinya sendiri. Doi merasa, menulis musik hanyalah hal yang dilakukan semata-mata agar mesin (industri) tetap bergerak.

"Di mana masa depanku?," ujarnya menirukan pandangannya saat itu terhadap karya musiknya yang menurutnya sudah nggak lagi jujur.

Meski begitu, intensi untuk berhenti bermusik ini juga terus membuat Mitksi kepikiran. Dirinya merasa, kalo menulis musik adalah satu-satunya hal yang bisa dia lakukan.

"Bagaimana pun ini adalah diriku. Meski menyakitkan, gue bakal terus menulis musik karena ini yang bisa gue lakukan, karena musik adalah hal yang gue cintai," tegasnya.

Baca Juga: Ingin Maafkan Diri Sendiri & Orang Lain, Mitski Rilis Single Baru 'Heat Lightning'

Benar saja, puncak dari energi dan emosi Mitski pun akhirnya meluap pada rilisan-rilisan terakhirnya yang akan tergabung dalam album barunya 'Laurel Hell'.

Sejauh ini, sudah tiga single yakni 'Working For The Knife', 'The Only Heartbreaker', dan 'Heat Lighting' yang sudah dirilis oleh Mitski untuk mengawali album tersebut.

Dijadwalkan untuk rilis pada 4 Februari 2022 mendatang, Mitski pun merasa dirinya sudah benar-benar siap untukkembali mencurahkan seluruh isi hatinya yang terdalam pada satu-satunya hal yang bisa dia lakukan, menulis musik yang ciamik.

Ingin bukti? Dengarkan single terakhir dari Mitski 'Heat Lightning' di bawah:

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya