Follow Us

Ungkapan "Belum 5 Menit" Itu Ternyata Salah, Jangan Ikutan Keliru Sob!

Ricky Nugraha - Rabu, 14 November 2018 | 17:35
Ilustrasi makanan jatuh
iStockphoto

Ilustrasi makanan jatuh

HAI-Online.com - Lagi mau buka mulut, eh, ternyata makanan yang mau kalian makan itu jatuh. Sayang banget nggak sih, apalagi kalau makanan itu enak banget.

Pasti di pikiran kalian langsung terbesit ungkapan "belum 5 menit" yang sering diucapin orang-orang kan?

Karena anggapannya makanan yang jatuh selama masih belum lebih dari 5 menit itu masih bersih, dan aman dimakan. Di luar negeri pun juga ada mitos ini, kebanyakan mereka mengenalnya dengan istilah "five-second rule".

Namun ternyata mitos ini salah sob, seperti yang diungkapkan oleh Paul Dawson, PhD dan Brian Sheldon, PhD, ilmuwan makanan sekaligus pengarang buku "Did You Just Eat That?".

Menurut mereka berdua, ketika makanan sudah bersentuhan dengan permukaan yang terkontaminasi, maka bakteri akan segera berpindah ke makanan.

Baca Juga : 10 Benda Ini Bisa Berubah Jadi Makanan Kalo Kamu Lihat pas Laper

Para ilmuwan makanan tersebut juga membandingkan ungkapan tersebut dengan mengendarai mobil tanpa mengenakan sabuk pengaman. Pengendaranya mungkin akan baik-baik saja, tapi ada resiko yang besar.

Mereka pernah melakukan percobaan dengan dengan memberikan bakteri salmonella pada tiga permukaan yang berbeda: ubin, karpet dan kayu, lalu menjatuhkan makanan (bologna dan roti) pada tiap permukaan tersebut.

Kemudian mereka menghitung seberapa banyak bakteri yang berpindah ke makanan selama waktu 5 detik, 30 detik, dan 60 detik.

"Kami menemukan bahwa bakteri berpindah ke makanan hanya dalam waktu 5 detik, yang berarti bahwa mungkin nggak aman untuk dimakan."

Makanan yang jatuh lebih lama, lebih banyak bakteri yang berpindah, dan ini mungkin yang membuat beberapa orang tetap percaya mitos tersebut. Namun, karena beberapa perindahan bakteri terjadi secara instan, mitos tersebut tetap saja salah.

Baca Juga : 10 Makanan Aneh Tapi Dianggap Lezat oleh Berbagai Negara di Dunia

Sedangkan jenis makanan basah seperti daging, nasi, dan keju nggak disarankan untuk dikonsumsi lagi jika sudah jatuh. Penyebabnya, bakteri akan cepat berkembang pada tempat yang lembab.

Jadi, jangan biasakan diri mengambil makanan yang jatuh ke lantai sambil bilang "belum 5 menit" ya, sob. Kebiasaan ini bisa berakibat buruk pada kesehatan pencernaan loh. (*)

Source : menshealth

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular