Follow Us

Terbuat dari AI, Ini Dia Pembawa Berita Virtual Pertama di Dunia

Ricky Nugraha - Rabu, 14 November 2018 | 09:07
Pembawa berita AI
Xinhua

Pembawa berita AI

HAI-Online.com - Wajar sepertinya apabila orang-orang mulai merasa takut bahwa pekerjaannya kelak akan digantikan oleh AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan.

Seperti yang ada di Cina ini, sebuah agensi berita bernama Xinhua telah memperkenalkan pembawa berita pertama mereka yang dibuat dari teknologi AI.

Teknologi ini dibuat dengan menggabungkan grafis dan audio dari pembawa berita asli melalui kecerdasan buatan.

Pembawa berita ini dapat menyampaikan berita dalam bahasa Inggris dan Cina dengan pembawaan seperti manusia pada umumnya.

Menurut mereka, kelebihan dari penggunaan AI ini dianggap dapat menekan biaya karena mereka dapat bekerja selama 24 jam tanpa kenal lelah.

Baca Juga : Canggih! Polisi Dubai Berencana Gunakan Hoverbike di Tahun 2020

Dalam sebuah video, Xinhua memamerkan debut pembawa berita AI tersebut sedang berbicara dengan bahasa Inggris.

Meski Xinhua mengatakan bahwa AI tersebut dapat menampilkan suara dan ekspresi wajah yang realistis, tapi dalam video tersebut, suara yang dikeluarkan masih terdengar seperti suara buatan dan ekspresi wajah yang ditampilkan masih kaku dan terbatas. Gerak bibirnya pun masih agak aneh.

Teknologi ini dibuat Xinhua yang bekerja sama dengan operator mesin pencarian yang berbasis di Beijing bernama Sogou, yang melakukan penelitian dan pengembangan AI untuk menciptakan teknologi tersebut.

Pembawa berita AI ini sendiri telah dirilis di seluruh platform Xinhua. Penasaran seperti apa? Cek langsung nih videonya.

(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest