Follow Us

Jeleknya Sistem Kebut Semalam Punya Dampak Jangka Panjang Lho!

Dok Grid - Kamis, 18 April 2024 | 11:46
Ilustrasi pelajar yang begadang buat belajar
iStockphoto

Ilustrasi pelajar yang begadang buat belajar

Tapi, tuntutan jaman sekarang yang mengharuskan kita mengejar pelajaran banyak dengan waktu yang mepet, bikin sistem SKS emang jadi pilihan utama buat banyak siswa. Terus solusi asiknya gimana, dong?

Menurut Dimitriu, tidur tiga atau empat jam tiap hari juga nggak apa-apa kok daripada nggak tidur sama sekali. Biar hasil belajar tetap maksimal, lo bisa mencoba tidur bentar setelah membaca materi.

"Berusaha tidur itu perkara pengoptimalan kerja otak. Kalo mau lo baca satu bab terus lo bisa tidur selama satu jam sebagai gantinya," kata Dimitriu.

Jangan pernah ngerasa normal ketika begadang udah jadi hal biasa buat lo. Sensasi nggak capek pas begadang itu ternyata nipu, sob. Menurut W. Chrsitopher Winter, spesialis terapi tidur, ahli saraf, dan penulis buku The Sleep Solution, hal ini terjadi karena adanya pelepasan stres hormon kayak kortisol dan norepinefrin (adrenalin).

Padahal, dengan tetap berusaha keras tidur, memori lo bakal bisa bekerja maksimal. Winter bilang, kalo mungkin lo bisa berusaha buat tidur 90 menit di malam hari.

Baca Juga : Ini 5 Efek Kelamaan Tidur Bikin Kesehatan Badan Lo Memburuk!

Proses ini lebih baik daripada lo kelamaan tidur pas sore, biar malem melek terus. Mengubah waktu alamiah tidur ternyata bakal mengacaukan sensor tubuh dalam mendeteksi rasa lelah dan mengganggu kesiapan tidur normal di malam berikutnya.

Makanya, tidur rutin itu perlu. Menurut Micahel J. Breus, seorang psikolog klinis, bilang kalo punya penyumbat telinga dan penutup mata yang bisa maksa lo tidur itu juga bagus, sob. Selain itu, bisa juga lo pake kacamata biru-terang yang bisa bantu lo menghalangi frekuensi cahaya dari layar komputer atau tablet yang bisa menggangu pasokan melatonin otak.

Hal lain yang bisa lo lakuin, lo juga harus menghindari kafein di sore hari. Secangkir kopi yang lo minum pas nongkrong bareng temen-temen di sore hari, bisa punya dampak selama 6 jam.

Jangan begadang adalah kunci buat lo bisa lebih cerdas dalam belajar. Cintai badan lo sendiri dengan mengutamakan tidur yang cukup. Jangan memaksa badan lo buat begadang ya, sob. Nggak baik.

Yuk belajar nyicil dari sekarang! (*)

Source : vice.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest