Follow Us

Mau Hilangkan Lemak Tanpa Diet Ketat dan Olahraga? Tidur Aja!

Rian Sidik - Jumat, 11 Mei 2018 | 08:00
Bahaya tidur semalaman menggunakan kipas angin
iStockphoto

Bahaya tidur semalaman menggunakan kipas angin

HAI-Online.com - Ngerasa lemak ditubuh mulai numpuk? Mau kurus tapi males diet? Coba tidur aja, sob! Serius, lho! Selain berolahraga dan menjaga pola makan, ada cara-cara tertentu yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan tubuh impian.

Cara ini bahkan membantu kita untuk menghilangkan lemak di tubuh ketika kita tertidur pulas. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, membakar kalori saat kita tengah terlelap bukan hal mustahil. HAI melansir informasi dari Kompas.com dan Reader's Diggest, berikut 9 cara agar lemak menghilang saat kita tertidur pulas.

1. Konsumsi protein sebelum tidur

Suka ngemil sebelum tidur? Coba ganti camilan dengan minuman berprotein. Berdasarkan riset dari Florida State University, pria yang mengonsumsi minuman yang mengandung 30 gram protein sebelum tidur, mengalami pengeluaran energi yang tinggi. Selain itu, protein juga membantu pembentukan otot tubuh. Semakin banyak massa otot yang kita miliki, semakin banyak kalori yang kita bakar saat istirahat.

UDAH TAU BELUM? Ini Dia Kabar 2 Pemain Timnas Indonesia yang Berkarir di Luar Negeri!

2. Tidur tanpa cahaya

Jika kita tinggal di daerah yang terpapar dengan lampu luar ruang, cobalah memakai tirai yang gelap untuk kamar tidur. Lebih baik mematikan semua sumber cahaya sekecil apapun. Ketika kita tidur di ruangan yang gelap total, tubuh menghasilkan hormon melatonin. Menurut riset yang diterbitkan dalam the Journal of Pineal Research, hormon ini dapat mengundang rasa kantuk dan membantu produksi lemak coklat yang berperan dalam pembakaran kalori.

3. Matikan thermostat atau pemanas ruangan

Tidur dengan temperatur dingin dapat membantu pembakaran kalori di malam hari. Berdasarkan riset yang diterbitkan dalam the journal Diabetes, mereka yang tidur dengan suhu hingga 16 derajat celsius, membakar kalori tujuh persen lebih banyak daripada mereka yang tidur di ruangan hangat.

Ini terjadi karena tubuh bekerja lebih keras untuk menyesuaikan suhu stabil tubuh yang berada pada 37 derajat celcius. Inilah yang pada akhirnya membuat kalori terbakar. Meskipun angka tujuh persen terdengar sedikit, tapi jumlah ini mebuat kita membakar 100 kalori ekstra setiap harinya ketika tidur.

4. Matikan elektronik

Source : Kompas.com

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular