Follow Us

Capek Nggak Sih Menahan Diri Karena Malu? Lakukan Saran Dari Ahli Sains Ini

Rizki Ramadan - Senin, 02 April 2018 | 10:30
Cara Menaklukan Cewek Pemalu
Rizki Ramadan

Cara Menaklukan Cewek Pemalu

HAI-online.com - Saat lo sedang mengalami situasi memalukan, para ahli menghimbau agar lo membayangkan diri lo sebagai orang lain yang nggak terlibat dalam situasi lo.

Hal ini terbukti lebih memudahkan kita melalui masa sulit.

Menurut studi yang terbit di jurnal Motivation and Emotion, Selasa (27/3/2018), cara ini dapat melepaskan diri dari situasi memalukan dan membuat orang lain tidak memperburuk keadaan.

Peneliti sekaligus penulis laporan, Li Jiang, dari Pusat Penelitian Perilaku dan Keputusan Carnegie Mellon University berkata triknya adalah melihat diri lo dari sudut pandang orang ketiga atau pengamat anonim yang nggak terlibat dalam situasi memalukan .

"Sering kali kita malu karena orang lain akan memikirkan sesuatu tentang kita. Lewat perspektif orang ketiga, hal ini akan memberi jarak yang lebih jauh dari situasi memalukan," kata Li Jiang dilansir Time, Kamis (29/3/2018)

BACA JUGA: Menurut Sains, Inilah Cara Untuk Berhenti Mendengkur

Li Jiang melibatkan 107 mahasiswa yang diberitahu bahwa peneliti mencari relawan untuk mendiskusikan bagaimana dokter berkomunikasi mengenai masalah kesehatan yang sensitif seperti penyakit menular seksual.

Para peserta kemudian diminta memilih satu dari dua survei. Versi pertama bertanya seberapa besar kemungkinan mereka menjadi sukarelawan untuk studi tersebut dan bagaimana perasaan mereka selama sesi.

Sesi pada versi pertama meminta responden menjawab pertanyaan yang sifatnya pribadi dan kemudian bagaimana mereka mengharapkan para peneliti berpikiran tentang mereka.

Versi kedua menanyakan pertanyaan yang sama dalam urutan berlawanan.

Di sini peneliti ingin memaksa responden untuk mempertimbangkan proses pemikiran para peneliti terlebih dahulu.

Menurut Li Jiang, orang yang paling rentan terhadap rasa malu lebih mungkin mengambil survei kedua.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest