Follow Us

Sibuk Lebih Bikin Senang Daripada Menunggu. Ini 5 Fakta Tentang Psikologi Yang Nggak Kita Sadari

Rizki Ramadan - Kamis, 25 Januari 2018 | 10:15
keadaan psikologi yang nggak kita sadari
Rizki Ramadan

keadaan psikologi yang nggak kita sadari

HAI-online.com - Banyak banget kan misteri dalam pemikiran psikologi manusia? Nah, Ternyata hal inilah yang menjadi latar belakang para peneliti untuk melakukan riset. Penasaran apa aja misteri dalam pemikiran psikologi manusia? Melansir dari Brightside, HAI udah rangkum menjadi 5 fakta menarik tentang keadaan psikologis yang mengungkapkan jati diri yang nggak pernah kita sadari.

1. Memiliki Jumlah Teman yang Terbatas

Psikolog dan sosiolog menyebutnya dengan nomor Dunbar. Nomor Dunbar adalah jumlah maksimum orang yang bisa dekat dengan kita. Meski kamu memiliki ribuan teman di media sosial, namun kamu hanya bisa berkomunikasi sekitar 50-200 temanmu itu. 2. Merasa Bahagia Saat Sibuk

Bayangkan ketika kamu berada di bandara dan kamu perlu mengambil koper. Dalam 10 menit, kamu bisa saja langsung menuju tempat klaim dan mengambil kopermu singkat. Lalu bandingkan ketika kamu harus diam berdiri menunggu koper di conveyor bandara selama 10 menit. Dua kasus tersebut sama-sama membutuhkan waktu 10 menit untuk mengambil koper. Namun di kondisi kedua, kemungkinan kamu akan merasa tidak sabar dan kecewa. Dari kedua kejadian tersebut, otak lebih menyukai jika kita memiliki kesibukan. 3. Persepsi Visual Terhadap Sesuatu, Berbeda dengan Penampakan Sebenarnya

Percaya atau nggak, otak kita secara refleks memproses informasi dari sensor sistem organ. Otak akan menganalisis gambar visual dan menginterpretasikan informasi tersebut dalam bentuk yang dapat dipahami. Gimana sih contohnya? Ketika kita membaca cepat sebuah teks yang sebenarnya kita nggak membacanya. Kita hanya mengenali huruf pertama dan terakhir dalam masing-masing kata dan secara refleks kita membaca huruf di tengah sesuai dengan memori kita. Sekarang, kamu coba baca tulisan ini ya! Tiadk pdueli uruatn hruuf ynag telrihat dlaam stau ktaa, jkia hruuf preatma dan trkaehir tteap di tmepat ynag smaa.> Meskipun urutan hurufnya berantakan, kamu masih bisa membacanya dalam kata utuh. Bener kan? 4. Banyak Keputusan yang Diambil Secara Nggak Sadar

Kita mempercayai bahwa semua aksi kita adalah hasil pemikiran yang hati-hati. Namun kenyataannya 60-80% keputusan kita setiap hari diambil secara tidak sadar. Contohnya adalah ketika mengantongi kunci, mematikan lampu, menutup pintu depan, dan masih banyak lainnya. 5. Nggak Bisa Fokus Mengerjakan Dua Hal Sekaligus

Penelitian menunjukkan bahwa kita hanya bisa melakukan satu kegiatan yang berhubungan dalam satu waktu. Coba deh kamu berbicara dan membaca dalam satu waktu atau menulis surat dengan mendengarkan audiobook. Dua kegiatan tersebut nggak akan menghasilkan sesuatu yang maksimal karena otak kita nggak bisa fokus dalam mengerjakan dua hal sekaligus.

(Penulis : Kalika Diah P.M)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular