Follow Us

Yakin Ganti Knalpot Bisa Bikin Motor Makin Kencang? Coba Baca Faktanya Berikut Ini

Alvin Bahar - Selasa, 16 Januari 2018 | 06:45
Cover Knalpot
Alvin Bahar

Cover Knalpot

HAI-ONLINE.COM - Nggak diragukan lagi, salah satu bagian motor yang sering kali diubah adalah knalpot. Hal itu dikarenakan mengubah knalpot dipercaya dapat meningkatkan performa motor.

Jadi, mengubah knalpot standar jadi knalpot racing dapat meningkatkan performa sebenarnya mitos atau fakta yah?

Mitosnya, mengganti knalpot standar jadi knalpot racing pada motor dapat meningkatkan performa. Ternyata eh ternyata, kalo hanya mengganti knalpot standar jadi knalpot racing belum tentu menambah performa motor.

Cek deh: Ini Penyebab Motor Suka Ngadat Pas Musim Hujan

Selain itu juga dapat berdampak buruk bagi mesin. Pasalnya, penggunaan knalpot racing membuat mesin jadi lebih cepat panas karena pembakarannya kering. Hasilnya, akan mempercepat keausan pada komponen mesin motor.

Oleh karena itu, kalo ingin menggunakan knalpot racing perlu dilakukan ubahan pada beberapa bagian. Istilah kerennya motor harus diseting ulang sob, sudah mirip pembalap bukan?

"Selama mesin standar, saya yakin enggak ada perubahan, cuma menang suaranya saja yang berisik, kecuali dalamannya (mesin dan bagian lainnya) diubah," kata Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, Rendra Kusuma, di bilangan Dewi Sartika, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Namun, ubahan seperti itu nggak direkomendasikan. Hal itu dikarenakan motor yang dikeluarkan dari pabrik sudah melewati berbagai perhitungan dan pertimbangan.

Nggak hanya itu, motor tersebut juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan penggunannya.

Ditemui terpisah, Pemilik bengkel YTS Motor, Stefano Kenrikp menjelaskan, agar dapat merasakan performa terbaik dari penggunaan knalpot racing diperlukan pengubahan pada sejumlah bagian.

Salah satunya adalah ubahan pada ruang pembakaran. "Jalur suplai bensin, sejak masuk hingga keluar harus diperlancar, istilahnya dikorek," kata Stefano saat ditemui di bengkel miliknya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular