Follow Us

3 Alasan Pentingnya Makan Setelah Berolaharaga

Rizki Ramadan - Sabtu, 09 Desember 2017 | 02:15
olahraga
Rizki Ramadan

olahraga

HAI-online.com - Apakah kamu senang berolahraga di pagi atau sore hari dan sering melewatkan makan? Ternyata, hal itu tidak baik untuk kesehatan lho!

Menurut Victor Self, instruktur kebugaran di Flywheel Sports menjelaskan bahwa makan dalam kurun satu jam setelah olahraga adalah cara yang baik untuk memulihkan kondisi tubuh setelah beraktivitas dan mendapatkan energi kembali.

“Efek menurunnya kondisi kesehatan jika melewatkan makan memang tidak terjadi secara langsung. Ini masalah kumulatif, jadi jika sesekali melewatkan makan tidak masalah. Yang menjadi masalah adalah jika dilakukan secara terus-menerus,” ujar Susan Besser, Spesialis Pengobatan Keluarga.

Berikut adalah penyakit yang dapat menyerang kamu jika selalu melewatkan makan setelah berolahraga :

1. Gula Darah Rendah dan Merasa Pusing

Susan Besser mengatakan jika kita berolahraga di pagi atau sore hari tanpa makan dan mengisi kembali energi setelahnya, tubuh kamu akan menghemat energi.

Kemudian tubuh akan mengambil cadangan glikogen yang berfungsi untuk menjaga kestabilan gula darah dan akan terisi kembali saat kita makan.

"Karena otak mencoba menghemat energi, ia terpaksa memperlambat beberapa fungsinya," kata Susan Besser.

Jika otak kehabisan gula maka ia tidak bisa menggantinya dengan sumber lain sehingga fungsi pun menurun. Hal inilah yang membuat kamu merasa pusing atau bahkan pingsan.

2. Otot NggakTerbentuk dan Kram

Susan menjelaskan jika tubuh kehabisan glikogen, tubuh akan mencari sumber energi lainnya. Ini bisa berupa lemak atau, jika tidak ada lemak, maka akan beralih ke otot. Makanya nih, otot tidak akan terbentuk. Kemudian, ketika kamu mengeluarkan banyak keringat maka kemungkinan besar juga kamu kehilangan satu ton elektrolit yang dapat menyebabkan kram otot.

3. Dehidrasi

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest