Follow Us

Pamflet Generasi: Karena Perjuangan HAM Butuh Keterlibatan Generasi Muda

Fadli Adzani - Sabtu, 28 Oktober 2017 | 05:15
Pamflet Generasi
Fadli Adzani

Pamflet Generasi

Sadar atau nggak kebebasan berekspresi yang kita nikmatin sekarang, pernah diperjuangkan lewat Hak Asasi Manusia (HAM). Sayangnya nggak semua anak muda Indonesia nggak paham apa itu HAM. Padahal persoalan HAM masih jadi permasalahan yang krusial buat bangsa ini!

Wawasan tetnang permasalahan HAM emang nggak gampang dipelajari, tapi bukan berarti anak muda mesti menghindari. Pasalnya, energi muda kita bisa banget, loh, untuk bantu memperjuangan penyelesaiannya.

Gagasan itulah yang melahirkan Pamflet Generasi. Lembaga anak muda yang punya misi mengedukasi sesame anak muda tentang permasalahan HAM di bangsa ini.

Berawal dari majalah remaja alternatif yang ngomongin soal HAM, terbentuklah platform digital buat nyebarin informasi seputar Human Rights. Namun karena majalahnya nggak terbit lagi, tapi masih pengen ngumpul, tercetuslah ide bikin organisasi ini.

FYI, awalnya Pamflet Generasi cuma mau sekadar bikin semacam Wikipedia buat isu-isu gerakan anak muda yang pernah ada. "Tapi karena banyak diajak projek sama yayasan dan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), akhirnya diseriusin jadi semacam LSM," ujar Maulida Raviola selaku Koordinator Umum Pamflet 2015-2017.

Pamflet Generasi
Buat mereka, ngomongin soal HAM nggak mungkin untuk nggak ngebahas isu-isu sensitif yang beredar di masyarakat. Seperti LGBT, komunisme, radikalisme agama, dan lain-lain.

Jadi Hak Asasi Manusia bisa jadi 'pintu' buat anak-anak muda untuk belajar banyak hal. Baik politik, ekonomi, sejarah yang mungkin nggak diajarin di sekolah.

"Di sekolah, cuma dikasih tahu Munir meninggal karena dibunuh. Tapi nggak pernah dijelasin ada banyak pihak dibalik pembunuhan tersebut," ujar cewek yang kerap disapa Mauli ini.

Youth Studies, Youth Activism, and Youth Movement

Mulai resmi berkegiatan pada 2013, Pamflet Generasi membagi gerakannya menjadi tiga jenis. Diantaranya Youth Studies, Youth Activism, dan Youth Movement.

Youth Studies bertugas meng-create informasi seputar HAM. Mulai dari survei, sampai bikin penelitian secara serius. Kalau penasaran, coba deh lihat instagram @pamfletgenerasi.

Pamflet Generasi
Di situ teman-teman bakal disuguhi informasi hasil riset isu kekinian dengan gaya anak muda. Mulai dari UU ITE yang sering dijadiin 'pasal karet', demokrasi Indonesia yang kebablasan, kesetaraan gender, dan banyak informasi HAM yang anak muda harus tahu!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular