Follow Us

Waspada, Ini Dia 5 Hal yang Bisa Bikin Kamu Salah Pilih Jurusan!

- Selasa, 10 Oktober 2017 | 10:57
Antara karena bermasalah, atau asik sama dunia sendiri. Itu alasan mahasiswa di drop out
Hai Online

Antara karena bermasalah, atau asik sama dunia sendiri. Itu alasan mahasiswa di drop out

Pilih jurusan SMA atau kuliah mungkin jadi momok tersendiri buat sebagian besar dari kita. Maklum, karena nggak sedikit dari kita menganggap kalau itu akan berpengaruh ke masa depan kita nanti.

Nah, biar nggak menyesal di tengah jalan, berikut adalah 5 hal yang bikin kamu salah pilih jurusan, apa aja penyebabnya, yuk klik satu satu!

Nggak Cari Informasi

Lulus sekolah, umumnya kita punya waktu libur yang cukup lama. Sembari liburan, nggak ada salahnya kita cari tahu seluk beluk soal jurusan yang mau kita pilih. Umumnya, mayoritas teman-teman kita yang salah memilih jurusan terjadi lantaran minimnya atau bahkan nggak punya informasi terkait jurusan yang ada di perguruan tinggi. Hasilnya, kita terjebak di jurusan yang nggak sesuai.

Meski beberapa kampus ada yang menerapkan satu tahun pertama mahasiswa adalah masanya stadium general sebelum memilih program studi sesuai minat, namun sekolah tinggi lainnya sudah memisahkan jurusan calon mahasiswa sesuai dengan pilihan saat melakukan pendaftaran. untuk itulah, persiapan mencari informasi harus dilakukan.

Nggak Tau Passion

Mungkin yang tepat bukan nggak tahu passion kita apa, tetapi belum menemukan yang benar-benar bergairah. Meski begitu, minimal, dari SMA kita udah tahu hobi apa saja sih yang sering kita lakukan selama dan setelah pulang sekolah? Dari sana kita cari petunjuk lagi mau di bawa ke arah mana?

Misalnya, kita suka dengan menulis, pas di sekolah suka bikin tulisan di majalah dinding, update di web sekolah, atau tertarik dengan hal-hal baru dan suka melakukan perjalanan dan ngobrol sama banyak orang, mungkin kamu suka sama yang berbau tentang dunia jurnalistik.

Nah, bisa jadi mengambil Fakultas Ilmu Komunikasi adalah tujuan pertamanya, baru setelah ditelusuri lagi, kamu bisa memilih mau menjadi jurnalis, atau media relations alais PR alias humas.

Karena sering juga hobi ngoprek komputer dan segala perangkat lunaknya (software), kalian bisa masuk ke jurusan IT. Intinya, pahami passion kita sejak awal.

Ikut Teman

Sebab lain kenapa kamu bisa berpotensi salah memilih jurusan adalah karena ikut teman. Iya, ini ternyata jadi alasan paling sering didengar dari mulut teman kita yang mengakui telah terlanjur salah jurusan.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular