Follow Us

Ternyata, Ini Dia Penyebab Kenapa Gigitan Nyamuk Bikin Bentol

- Jumat, 18 Agustus 2017 | 09:04
Bentol
Hai Online

Bentol

Pernah nggak, sih, lo bertanya-tanya, kenapa kalau abis digigit nyamuk, kulit kita jadi bentol-bentol? Padahal, abis digigit, kita nggak langsung menggaruknya.

Well, nyatanya ada dua penyebab kenapa hal itu bisa terjadi.

Penyebab pertamanya adalah air liur nyamuk. Jadi gini, saat nyamuk gigit tubuh kita, nyamuk bakal mengeluarkan air liur. Nah, air liur nyamuk ini berguna buat mencegah pembekuan darah manusia yang dihisap.

Abis menghisap darah, si nyamuk bakal pergi. Tapi, air liurnya bakal tertinggal di tubuh dan bikin kulit kita jadi bengkak.

Alasan kedua adalah sistem imun yang ada di tubuh kita. Yap, semua orang punya sistem imun buat melindungi tubuh dari kuman, virus, dan benda-benda asing lainnya.

Bagi sistem imun di tubuh, air liur nyamuk yang ada di dalam tubuh kita bakal dianggap sebagai benda asing yang mengganggu tubuh.

Nah, kalau udah gitu, sistem imun bakal berusaha buat melawan air liur nyamuk. Efek dari perlawanan itu adalah bentol dengan warga agak merah di daerah tubuh yang digigit nyamuk.

Kalau udah gitu, ada baiknya kita nggak garuk bagian tubuh yang bentol. Gatel, sih. Tapi, kalau kita garuk, bentolnya bisa luka. Nggak mau, kan?

Source : bobo.id

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest