Follow Us

Lebih dari Satu Tahun, Apa Kabar Zaskia Gotik Sang Duta Pancasila?

- Rabu, 31 Mei 2017 | 13:09
Zaskia
Hai Online

Zaskia

Semuanya berawal dari sebuah bercandaan yang dilakukan bukan pada “tempatnya”. Dalam sebuah acara musik dengan format komedi yang ditayangkan di sebuah televisi swasta pada 15 Maret 2016 lalu, seorang penyanyi dangdut bernama Zaskia Gotik "sukses" menjadi pusat perhatian seluruh masyarakat Indonesia.

Selasa, 15 Maret 2016, ternyata jadi hari "bersejarah" dalam hidup “Si Goyang Itik”. Jawaban "bebek nungging" memberikan efek yang begitu dahsyat dalam hidupnya. Seperti diwartakan oleh Kompas.com, awalnya, para pembawa acara program acara itu coba mengetes pengetahuan Zaskia bersama dua rekannya, Ayu Ting Ting dan Julia Perez (Jupe). Mereka masing-masing diberi pulpen serta kertas yang ditempelkan pada papan berukuran A3.

"Pada tanggal berapakah Proklamasi Indonesia dikumandangkan?" tanya Denny Cagur, salah seorang pembawa acara Dahsyat.

Zaskia kemudian menunjukkan jawabannya, "setelah adzan subuh… tanggal 32 Agustus". Maksudnya ngelucu, tapi, krik. Nggak ada yang ketawa. Pertanyaan selanjutnya meluncur dari mulut Denny, "Apa lambang Pancasila sila kelima?"

Raut wajah Zaskia tampak serius sambil menuliskan sesuatu dengan cepat pada papan jawabannya.

"I'm smart. Ayo dong. Lama nih," ucapnya kepada Ayu Ting Ting dan Jupe yang masih terlihat berpikir.

Nggak lama kemudian, kedua rekannya itu pun menjawab "padi dan kapas". Saat tiba giliran Zaskia, dalam kertas jawabannya justru tertulis "bebek nungging". Terdengar sedikit tawa, tetapi ada pula seruan protes. Disinilah semua berawal.

Jadi “Kasus Nasional”

Besoknya, jawaban-jawaban nyeleneh Zaskia langsung menjadi pemberitaan media. Perempuan yang akrab dipanggil Eneng ini dianggap telah melecehkan lambang negara.

Pada 17 Maret 2016, anggota DPD RI Fahira Idris melaporkan Zaskia ke Polda Metro Jaya atas tuduhan telah melanggar Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Sehari setelahnya, giliran paranormal Ki Kusumo mendatangi Polda Metro Jaya untuk melaporkan dugaan pelecehan lambang negara oleh Zaskia. Nggak lama berselang, Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Pengawas Korupsi (LSM KPK) juga mengambil langkah hukum yang sama, melaporkan Zaskia.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest