Follow Us

Valentino Rossi Nggak Yakin Menang di MotoGP Jerez. Jadi, Kamu Harus Tau Alasan Motor Honda Bakal Juara!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 07 Mei 2017 | 09:20
Valentino Rossi & Marc Marquez
Bayu Dwi Mardana Kusuma

Valentino Rossi & Marc Marquez

Valentino Rossi emang jadi juara bertahan MotoGP Jerez. Tahun lalu, doi menang dengan cara yang elegan, mendominasi sepanjang balapan.

Rossi juga bikin rekor buat dirinya sendiri, menang balapan MotoGP dari pole position dan nggak pernah kesalip sama lawan-lawannya. Kemenangan Rossi tahun lalu, juga sekaligus breakthrough dalam karir balapnya di sirkuit Jerez. Maklum aja, terakhir kali Rossi menang di Jerez adalah tahun 2009. Udah lama banget kan?

Gimana kans Rossi tahun ini?

Kalo liat performa tahun lalu, Rossi bakal kesulitan tahun 2017.

Dani Pedrosa
Pole position dipegang Dani Pedrosa. Valentino Rossi ada di posisi ketujuh. Selisih waktunya, 0,659 detik. Emang sih, selisih waktu itu lebih cepat daripada ngedipin mata, tapi buat balap sekelas MotoGP, beda waktu tadi udah cukup buat ngasapin lawan.

Dani Pedrosa juga konstan mimpin latihan balap mutar-mutar Sirkuit Jerez. Rossi juga konstan nggak pernah ada di posisi tiga besar.

Pas latihan terakhir hari ini, Rossi justru ada di posisi sepuluh. Tapi, tenang, selisih waktunya, cuma 0,502 detik dari Maverick Vinales dan Jorge Lorenzo yang punya catatan waktu sama: 1 menit 39, 433 detik!

Maverick Vinales lagi punya ambisi buat hapus catatan buruk di MotoGP Austin, Texas—gagal finish gaga-gara gelosor ke aspal sirkuit dan berujung di tanah. Jadi, doi mau buktikan bisa jadi juara dan balik mimpin klasemen sementara kejuaraan balap MotoGP.

Jorge Lorenzo nggak beda. Doi ambisi nunjukin kalo doi cocok dengan Ducati dan bisa jadi juara kayak Loris Capirossi yang menang di Jerez tahun 2006 dari pole position. Pebalap Ducati yang naik podium di Jerez adalah Nicky Hayden tahun 2011. Doi ada di posisi ketiga, dan yang jadi juara waktu itu adalah Jorge Lorenzo dengan motor Yamaha.

Maverick Vinales saat bersiap riding All New R15 di Sentul International Circuit
Habis latihan Rossi emang bilang soal kekuatirannya. The Doctor bakal start dari baris ketiga, yang doi sebut bukanlah posisi idela buat merangsek ke depan. Buat nangkring di lima besar sih masuk akal, katanya. Tapi, doi prediksi balapan hari ini bakal dalam kondisi cuaca yang panas. "Di situlah pemilihan ban bakal krusial. Kayaknya sih opsi (kompon) ban yang lebih keras bakal jadi pilihan yang paling bagus. Sayangnya, opsi ban itu justru bekerja baik buat (tim) Honda," cerocos Rossi, yang masih optimis buat balapan hari ini.

Tahun lalu, motor Honda emang kesulitan buat taklukan Jerez. Tapi, tahun ini, kondisinya berbeda. Kata Rossi, motor Honda tahun ini udah nemuin solusinya atas masalah kecepatan tahun lalu. Buktinya, di baris depan ada Dani Pedrosa, Marc Marquez, dan Cal Crutchlow.

Jorge Lorenzo X Valentino Rossi
Akankah Valentino Rossi nyerah pada pasukan Honda? We'll see at the race, Guys!

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest