Follow Us

Wawancara dengan VoB, Band Hijaber Metal dari Garut Yang Dibentuk Oleh Guru Konseling Sekolah

- Senin, 01 Januari 2018 | 04:50
VoB, band hijaber metal dari garut (doc. VoB)
Hai Online

VoB, band hijaber metal dari garut (doc. VoB)

Jangan menilai orang dari penampilannya. Mereka yang cewek dan berhijab bukan berarti nggak bisa punya kebebasan dalam mengeksplorasi, bro. Termasuk dalam musik.

Coba deh nih kamu liat video aksi band satu ini, VoB alias Voice of Baceprot. Band yang beranggotakan 3 siswi SMK kelas X di Garut sana. Mereka adalah Firdda Kurnia (gitar), Widi Rahmawati (basis), dan Euis Siti (Drumer) ini jago banget memainkan musik yang mereka sebut hip metal funky ini.

"VoB adalah sebuah band pelajar perempuan yang mencoba menyuarakan kegelisahan hati mereka akan dunia remaja yang kian hari kian kehilangan warnanya," tulis mereka di kolom profil laman Facebook-nya.

Di video yang sempat viral di media sosial, VoB terlihat sedang beraksi di sebuah acara musik di daerah Pameumpeuk, Garut. Mereka membawakan lagu Guerilla Radio milik Rage Againt The Machine.. Seluruh personel memakai hijab dan luwes beraksi di atas panggung selayaknya musisi yang emang udah biasa konser. Kalau disimak, teknik permainan musik mereka ini pun di atas rata-rata, lho. Para penonton yang ada di bibir panggung pun antusias menikmati musik dan nggak segan untuk moshing.

Merasa kagum dan penasaran dengan kisah di baliknya, HAI mewawancara VoB. Abah Ezra, pria 36 tahun yang jadi pembentuk sekaligus manager band ini menyambut HAI di telpon.

VoB, band hijaber metal dari garut (doc. VoB)
HAI: Halo Abah, certain dong video yang viral di FB itu, VoB manggung di acara apa?

Abah Erza: Itu mereka sedang manggung di daerah Pantai Pameumpeuk. Kebetulan mereka diundang festival itu sebagai talent. besok Minggu (9 April) mereka akan manggung lagi di sana. Kami membawakan lagu RATM yang Guerilla Radio dan satu lagu sendiri.

- Kalau dilihat penontonnya moshing semua yah. Gimana kondisi penonton tiap kali VoB manggung?

Seru selalu. Kami jadi sadar satu hal, penonton acara musik metal kan biasanya brutal, tapi saat VoB manggung, penonton tetap moshing tapi menghargai VoB. Mungkin penonton pikir,”Mereka pake hijab, tapi secara musical nggak kalah.” Jadi, VoB jaga dirinya lewat kualitas.

- Ngomong-ngomong apa arti VoB sih, Bah?

VoB itu singkatan dari Voice of Baceprot. Baceprot itu bahasa sunda yang artinya berisik.

- Mereka sekarang ini kelas X, berarti band ini terbentuk sudah lama yah?

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest