Follow Us

Kedubes Bekasi Belom Basi, Malahan Makin Rame Sama Acara Ini. Ada Gig Musik 8-Bit, Nih!

- Minggu, 05 Maret 2017 | 06:00
Kedubes Bekasi Belom Basi, Malahan Makin Rame Sama Acara Ini. Ada Gig Musik 8-Bit, Nih!
Hai Online

Kedubes Bekasi Belom Basi, Malahan Makin Rame Sama Acara Ini. Ada Gig Musik 8-Bit, Nih!

Buat kalian warga Bekasi dan sekitarnya, mestinya udah tau kalo Bekasi juga punya Kedutaan Besar! Yap, namanya Kedutaan Besar Bekasi atau yang biasa kita kenal dengan Kedubes Bekasi.

Tampak beda sama kedutaan besar lainnya, Kedubes Bekasi sebetulnya merupakan sebuah komunitas kreatif yang terbentuk akibat ramainya bully-ing yang ditujukan kepada kota Bekasi beberapa waktu silam. Kayak tempe sama tahu, Kedubes Bekasi seperti sebuah negara juga nerbitin paspor Bekasi yang adalah sebuah buku catatan kecil bagi para pemiliknya.

Sebagai sebuah komunitas kreatif, Kedubes Bekasi juga aktif ngadain berbagai acara di basecamp-nya yang terletak di Jalan Raya Jatikramat No 2A, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Salah satunya yang belom lama ini diadain, Kedubes Bekasi sempet menghelat acara “Main di Kedubes: Pasar Konko” yang berlangsung hari Sabtu dan Minggu, 25-26 Februari 2017.

Ngerasa acaranya cukup keren buat didatengin, HAI akhirnya sempat nengokin acara yang berlangsung itu di hari Minggu-nya. Diawali sama live mural bersama temen-temen dari Nameless Collective, beberapa tembok kosong sontak jadi “korban” corat-coret aksi kreatif. Lantas, aksi kreatif itu menarik perhatian beberapa pengunjung yang datang ke acara tersebut. Pengunjung yang mayoritas adalah kaum muda itu, kelihatan menikmati dan asik banget nyaksiin pertunjukan live mural tersebut.

Acara itu kemudian disambung dengan sederetan workshop yang punya tema “Still Live Drawing” dan “Pedalboard Guitar”, screening dan diskusi film, serta tentunya sebuah pertunjukan musik nan asik. Pada sesi screening film, Kedubes Bekasi nayangin sebuah film dokumenter mengenai musik chiptune yang saat ini sepi pendengar. Forum diskusi dihadiri oleh para penggiat musik chiptune maupun mereka yang pengen mengetahui seluk beluk dari musik yang khas dengan suaranya yang kasar dan menciut-ciut ini.

Buat temen-temen yang belum tau musik chiptune itu apa, HAI jelasin deh nih. Chiptune adalah musik yang sempat populer pada tahun 1980-an. Mungkin bagi temen-temen yang pernah main Super Mario Bros, Tetris, dan Donkey Kong di nintendo ataupun game boy, pasti kalian akrab sama ciutan musik yang pada awalnya tercipta dari sound chip komputer ini. Chiptune sering disebut juga sebagai musik 8-bit.

Ada yang kurang rasanya kalo udah berbau chiptune gini tapi nggak mainin game-nya. Oleh karena itu, Kedubes Bekasi juga nyiapin seperangkat video game player yang siap dimainin sama para pengunjung yang hadir malam itu. Beberapa pengunjung pun antusias memainkan game yang ada, sambil bernostalgia dengan game favoritnya.

Nah, pada kesempatan itu pula, Kedubes Bekasi bersama dengan Ripstore Asia, Indikasi dan Indonesian Chiptune menggelar gig bertemakan “Konsol Klasik untuk Musik” dengan mengangkat musik chiptune (8-bit). Malam itu, suasana makin meriah ketika beberapa musisi dan grup band sidestream membawakan lagu-lagu berinstrumen kasar yang bikin penonton menciut-ciut dan ikut goyang. Adalah Shakaboyd, Chips4Breakfast, Son of a Bit, dan Imigran Angin yang menjadi pemecah heningnya malam itu.

Shakaboyd yang menjadi starter malam itu sukses menghadirkan kembali suasana meriahnya musik chiptune yang cukup asing bagi beberapa pengunjung. Disusul dengan penampilan dari Chips4Breakfast yang kala itu sempat meng-cover lagu Float yang berjudul Pulang, membuat para penikmat musik malam itu duduk tenang dengan alunan musik chiptune yang khas. Imigran Angin yang baru pertama kali unjuk gigi tampil di atas panggung membawa kembali suasana hangat di antara para pengunjung yang hadir dengan lagu-lagu yang dibawakan, termasuk salah satunya adalah Gerimis Meteor.

Nah, sebagai penutup, Son of a Bit juga nggak ketinggalan untuk kembali menghadirkan suasana meriah di Kedutaan Besar Bekasi itu dengan nge-cover lagu Stand By Me milik Oasis, Blitzkrieg Bop dari Ramones serta salah satu kompilasi yang nggak kalah menghibur.

Pokoknya, meski Kedubes Bekasi udah ngeksis sejak beberapa waktu lalu, tapi eksistensinya tetep belum basi, sob! Tungguin aja acara-acara keren selanjutnya.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest