Follow Us

Film Animasi Ini Bikin Anak Muda Kenal Lebih Dekat Peristiwa dan Museum Sumpah Pemuda

Dimas Yulian - Rabu, 26 Oktober 2016 | 10:31
Film Animasi Putra Putri - Museum Sumpah Pemuda
Dimas Yulian

Film Animasi Putra Putri - Museum Sumpah Pemuda

Oktober ini kita bakalan memperingati hari yang punya makna spesial buat para pemuda di Indonesia. Tepat pada tanggal 28 Oktober nanti kita akan memperingati Hari Sumpah Pemuda. Peristiwa yang diperingati ketika para pemuda dari berbagai daerah di tanah air berkumpul dan berikrar tentang tanah air, bangsa, dan bahasa yang satu, Indonesia.

Momen sumpah pemuda adalah cikal bakal bersatunya para pemuda dari berbagai daerah di nusantara untuk berjuang memerdekakan diri dari belenggu penjajahan. Sebagai calon pemuda harapan bangsa, kamu juga harus terus menjaga semangat yang dibawa oleh para pemuda pendahulu kita.

Salah satu caranya dalah dengan mulai memaknai peristiwa sumpah pemuda dan belajar buat mengambil semangat persatuan yang mereka gaungkan ketika itu. Khusus, buat kamu yang berada di luar Jakarta dan ingin melihat dan mengunjungi Museum ini. Kamu bisa nih melihat film animasi yang dibuat khusus untuk mengenalkan Museum Sumpah Pemuda beserta dengan peristiwanya.

Film animasi yang dibuat oleh pihak museum ini mengisahkan profil museum, pembacaan ikrar sumpah pemuda, dan sejarah lahirnya lagu nasional Indonesia Raya yang diciptakan oleh W.R Soepratman.

Meskipun film ini sebenernya ditujukkan buat anak-anak, tapi kamu masih bisa menikmatinya karena dipaparkan secara sederhana dan menarik. Jadi, kalo kamu pengen tau lebih dekat tentang Museum Sumpah Pemuda dan peristiwanya dengan media yang menyenangkan, film animasi ini bisa kamu jadikan salah satu pilihan. liat videonya di bawah ini:

Tapi kalo mau lebih dapat pengalaman nyata, selain melmemperkayanya dengan studi literatur, kamu bisa juga mengunjungi Museum Sumpah Pemudanya langsung.

Museum ini terletak di Jl. Kramat Raya No. 106, Jakarta. Di sini ada banyak informasi yang bisa kamu peroleh mengenai peristiwa bersejarah tersebut. Di Gedung Museum Sumpah Pemuda ini lah, pada tanggal 28 Oktober 1928 lahir keputusan yang kemudian dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Ada banyak sekali poster yang sarat akan informasi dan foto dokumentasi di Museum ini terkait peristiwa tersebut.

Di Museum ini juga terdapat Monumen Persatuan Pemuda 1928. Monumen yang berupa tangan mengepal ini melambangkan kekuatan tekad buat bersatu. Dalam monumen itu juga terdapat teks Sumpah Pemuda di bagian bawah depan, dan daftar organisasi pemuda pendukung Sumpah Pemuda pada bagian samping kanan. Monumen ini sendiri berada di halaman tengah Museum Sumpah Pemuda.

Selamat datang bareng temen-temen!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest