Follow Us

5 Makna Sumpah Pemuda Menurut Para Orang Kreatif Ini Bisa Bikin Kita Makin Semangat

Alvin Bahar - Jumat, 28 Oktober 2016 | 00:00
Di balik layar proses pemotretan Sumpah Pemuda Kompas di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat,
Alvin Bahar

Di balik layar proses pemotretan Sumpah Pemuda Kompas di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat,

Setiap tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Sumpah Pemuda. Inilah peringatan terhadap pengakuan pemuda-pemudi indonesia yang mengikrarkan Satu Tanah Air, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa. Sumpah Pemuda bisa kita maknai dengan berbagai cara lho. Baca aja nih, makna sumpah pemuda menurut para orang kreatif Indonesia yang dijamin bakal bikin kita makin semangat!

1 - Yoris Sebastian, Enterpreneur

Bagi Yoris, saat Hari Sumpah Pemuda ini, kita akan kembali diingatkan pentingnya nasionalisme. "Semangat nasionalisme bukanlah untuk diajarkan, tapi untuk ditularkan," kata Yoris kepada Kompas.

2 - Yunarto Wijaya, Direktur Eksekutif Charta Politika

Yunarto menekankan makna Sumpah Pemuda di era sekarang dari sisi politik. "Makna Sumpah Pemuda itu bagaimana kita bisa melepaskan diri dari perangkap ego," kata Yunarto.

3 - Livi Zheng, Sutradara dan Aktris

Sedangkan Livi Zheng mengatakan, semangat Sumpah Pemuda yang berkobar tanpa mati telah menjadi semangat yang bisa ia bawa ketika berkarya ke negeri orang. "Semangat itu yang saya bawa untuk membuat film dan menjadi sutradara," kata Livi.

4 - Agus Noor, Cerpenis dan Sastrawan

Agus Noor berusaha menarik makna Sumpah Pemuda dalam era informasi yang saat ini banjir informasi. "Bagaimana kita harus selektif dan kritis memaknai berita. Pelajaran dari pemuda era 1920-an, mereka tahu informasi apa yang penting bagi mereka dan bisa dijadikan isu bersama," kata Agus.

5 - Pevita Pearce, Aktris dan Enterpreneur

Pevita menganggap berbisnis dengan menggunakan merek lokal merupakan salah satu wujud Sumpah Pemuda, cinta Tanah Air. "Salah satu Sumpah Pemuda yang saya sumpah ke diri saya yaitu untuk memajukan UKM anak muda di Indonesia," kata Pevita.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular