Follow Us

BNIB itu Apa Sih? Yuk, Kenali Dulu 3 Istilah Ini Sebelum Beli Sneakers Secara Online

- Senin, 05 Februari 2018 | 14:45
Yuk, Kenali Dulu 3 Istilah Ini Sebelum Beli Sneakers Secara Online
Hai Online

Yuk, Kenali Dulu 3 Istilah Ini Sebelum Beli Sneakers Secara Online

Kalau kita berkunjung ke online shop yang khusus jualan sneakers, kita pasti sering melihat kode BNIB, BNWB, atau BNwB (BNWOB) yang diberikan sebagai keterangan pelengkap. Nah, apa, sih, bedanya BNIB, BNWB, dan BNwB (BNWOB) ini?

Well, biar nggak pada bingung, HAI udah mencoba mencarikan jawaban dari berbagai sumber, yang bisa menanggapi rasa penasaran kamu. Biar nggak ragu, biar nggak bingung, dan biar nggak merasa ketipu waktu beli sneakers secara online. Yuk, kenali dulu 3 istilah ini sebelum beli sneakers secara online!

BNIB

BNIB merupakan singkatan dari Brand New In Box. Artinya, barang yang dijual sama seperti barang jualan toko resmi, dengan ciri-ciri kode artikel yang sama antara yang tercantum di kardus dan di lidah sepatu. Jika sudah BNIB, mau made in Indonesia, China, Vietnam, Kamboja, dan India sudah pasti original, bro!

BNWB

BNWB merupakan singkatan dari Brand New With Replace Box. Artinya, sepatu yang dijual dalam keadaan tidak ada box asli. Kemudian, box diganti dengan box lain atau replace box, dengan brand yang sama, karena biasanya barang tersebut adalah hasil bocoran atau sample yang dijual batangan, sehingga bisa menjual di bawah harga resminya yang tinggi.

Kadang-kadang, tag ukuran pun merupakan ukuran “tembak” alias replace tag, yang hanya berfungsi sebagai pemberian ukuran sepatu, padahal ukurannya belum tentu seperti yang tertulis di tag. Untuk mendapatkan barang bocoran atau BNWB ini, sebaiknya kita lihat dan cermati secara baik rekam jejak dan reputasi toko online sneakers yang kita incar.

Sulitnya, BNWB ini nggak memiliki ciri-ciri seperti BNIB untuk menentukan sneakers yang kita beli itu asli atau nggak. Umumnya, barang-barang BNWB adalah barang yang hanya made in Indonesia.

BNwB atau BNWOB

Brand New Without Box adalah tipe sneakers yang dijual tanpa kardus. Biasanya, tipe ini harganya lebih murah, karena belum lewat pajak dan nggak lewat distributor apa-apa. Sama kayak BNWB, label size-nya biasanya “tembak”. Mesti butuh kejelian kita, untuk menilai sepatu itu beneran original atau nggak.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest