Follow Us

Oktober Jadi Bulan Terbaik Buat Kamu Yang Mau Mulai Diet. Kenapa?

Dimas Yulian - Kamis, 06 Oktober 2016 | 06:30
Orang Berperut Besar Berisiko Mati Muda
Dimas Yulian

Orang Berperut Besar Berisiko Mati Muda

Ngerasa badan udah berat dan mau mulai diet tapi gagal mulu? Mulai kumpulin lagi deh niat berdiet kamu. Karena ternyata menurut penelitian, oktober jadi bulan terbaik buat kamu yang mau mulai diet!

Kok bisa ya? Seperti dikutip dari situs Kompas.com, riset terbaru menjelaskan karena umumnya terjadi perubahan berat badan sedikit selama bulan-bulan musim panas. Sebagian besar orang berada di berat badan terendah saat musim gugur dimulai.

Tetapi, menurut riset dari Cornell Food and Brand Lab kenaikan berat badan selama musim liburan butuh waktu sampai lima bulan untuk menurunkannya. Setelah Oktober, berat badan cenderung naik begitu masuk ke bulan liburan Natal dimulai dan terus berlanjut sampai awal Januari.

Pola tersebut terjadi di tiga negara makmur dunia, kendati terdapat perbedaan waktu dalam setahun. “Semua orang mengalami kenaikan berat badan selama liburan, baik itu orang Amerika, Jerman, maupun Jepang,” kata Dr. Brian Wansik, salah satu peneliti.

Periode masa Natal dan Tahun Baru merupakan periode kenaikan berat badan paling parah. Menurut riset, orang Amerika rata-rata mengalami kenaikan 0,6 kg. orang Jerman bertambah 0,8 kg dan orang Jepang lebih berat 0,5 kg.

Menurut Wansik, ketika merujuk pada pola diet, ia menyarankan untuk membuat resolusi pada bulan Oktober dibandingkan pada saat tahun baru. Karena akan lebih mudah untuk menghindari kenaikan berat badan dan keharusan menurunkan setelahnya.

“Buatlah rencana di bulan September atau Oktober, sehingga kamu tidak harus menghabiskan delapan bulan untuk menurunkan berat badan. Semakin sedkit kenaikan berat badan, semakin sedikit kekhawatiran harus menurunkannya,” katanya lagi.

Nah kalo misalnya berat badan udah terlanjur naik selepas liburan gimana dong? Ternyata ada caranya nih. Ditemukan pula fakta bahwa orang yang menimbang setiap hari setelah liburan lebih cepat menurunkan berat badan daripada mengalami kenaikan. Mereka bisa kembali lagi ke berat normal hanya dalam satu bulan.

Gimana tertarik buat mencoba?

Source : kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest