Follow Us

Kamu Gampang Capek? Mungkin Ini Sebabnya

Dimas Yulian - Jumat, 30 September 2016 | 10:30
Ilustrasi Remaja Lelah
Dimas Yulian

Ilustrasi Remaja Lelah

Sering ngerasa cepet capek? Melakukan kegiatan seharian pasti emang bikin nguras tenaga. Sekolah, les, hingga seabrek kegiatan lain emang bikin badan jadi capek. Alesan yang paling sering sih biasanya karena kebiasaan sehari-hari yang kurang seimbang.

Seperti pola makan yang dikonsumsi sehari-hari, kurang tidur, sampe jarang olahraga. Ngemil makanan manis contohnya, yang bisa bikin kamu ngerasa gampang capek karena kadar glukosa dalam darah yang berfluktuasi dengan cepat.

Tapi, selain karena aktifitas sehari-hari yang kamu lakuin, ada sejumlah faktor lain yang bikin rasa capek yang kamu rasain nggak berkesudahan. Simak daftarnya dibawah ini, seperti dikutip dari situs Kompas.com:

Depresi

Kalo rasa capek yang kamu alamin diikuti kesedihan atau jadi ilang nafsu makan dan nggak menemukan kesenangan pada hal-hal yang biasanya kamu suka, bisa jadi kamu lagi depresi.

Jangan dibiarin berlarut-larut, cari bantuan deh ke dokter, terapis, atau juga bisa curhat sama temen dan keluarga kamu. Biar beban yang ada di benak kamu jadi mendingan.

Anemia

“Ini menjadi penyebab paling sering ditemui dari kelelahan dan sangat mudah dicek dengan tes darah sederhana,” ujar Sandra Fryhover, MD, dari Emory University.

Anemia sebenernya bisa diatasi dengan diet kaya besi dengan mengonsumsi daging serta sayur daun hijau. Kalo dirasa nggak cukup, konsumsi suplemen juga bisa jadi alternatif kalo kamu mengalami defisiensi besi kronis.

Sleep Apnea

Gejala gampang capek juga dapat disebabkan oleh gangguan tidur. Kalau kamu sering ngorok saat tidur, ada baiknya buat ngelakuin tes tidur buat nyari tau kemungkinan sleep apnea. Sleep Apnea adalah gejalan henti napas yang sering terjadi saat tidur.

Masalah Dengan Kelenjar Tiroid

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular