Follow Us

Hati-hati, Dengerin Musik Lewat Headset Ternyata Bisa Rusak Pendengaran

Dimas Yulian - Kamis, 06 Oktober 2016 | 07:00
Ilustrasi dengerin musik lewat headset
Dimas Yulian

Ilustrasi dengerin musik lewat headset

Kamu termasuk orang yang sering dengerin music lewat headset? Mulai sekarang mending mulai rada dikurangin deh. Dengerin musik lewat headset ternyata bisa rusak pendengaran lho.

Seperti dikutip dari situs Kompas.com, menurut David A Sherris, ahli THT dari Universitas Bufallo mengatakan kalo suara yang terlalu keras dapat menyebabkan Noise-Induced Hearing Loss (NIHL). NIHL sendiri bisa diartikan sebagai kehilangan pendengaran karena suara.

Nah itulah kenapa kalo kamu perhatiin, para pekerja konstruksi atau bandara wajib menggunakan pelindung telinga. Karena pekerjaan mereka tingkat kebisingannya sangat tinggi (lebih dari 100 desibel) seperti dari suara mesin peswat misalnya.

NHL sendiri sebenarnya nggak sama dengan tuli. Tetapi bisa bikin kerusakan permanen di telinga.

Diliat dari alurnya, perjalanan sebuah suara dari luar menuju telinga kamu sebenernya udah ngelewatin proses yang cukup panjang. Kalo ada suara masuk ke telinga, suara itu bakalan ngasih getaran ke gendang telinga kamu.

Getaran itu yang kemudian diteruskan ke tulang kecil yang ada di tengah telinga, dan diubah jadi gelombang menuju koklea.

Nantinya ada rambut-rambut halus yang ngubah suara itu buat jadi impuls listrik yanag akan dihantar menuju otak. Otak ini yang nanti akan memproses apa yang kamu denger.

Suara yang terlalu keras dan berulang seperti suara gitar listrik atau suara dari mesin pabrik akan merusak rambut-rambut halus tadi. Bahkan bisa bikin rambut-rambut tersebut nggak tumbuh kembali.

Buat perbandingan aja, suara yang terus menerus atau berulang kali dibunyikan pada level 85 desibel dapat menyebabkan NIHL. Nah, ternyata nih sebuah pemutar musik nyatanya bisa memutar musik maksimal hingga 100 desibel!

Bila kamu ngerasa mulai sulit buat mendengar percakapan di tengah kebisingan, atau susah mendeteksi nada suara yang tinggi, hati hati ya. Kamu bisa jadi mengalami gangguan NIHL.

Mulai sekarang lebih berhati-hati deh, cara yang bisa dipake adalah dengan mulai memastikan suara yang kamu dengar berada dalam batas aman. Cari juga ukuran headset yang pas buat kamu. Jadi, suara dari luar akan semakin kedap dan kamu pun nggak harus menyetel volume dengan terlalu besar.

Source : kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest