Follow Us

4 Tips Bikin Musik Digital dari Eka Gustiwana! Mau Tenar Kayak YouTubers Ini?

Alvin Bahar - Kamis, 15 September 2016 | 07:30
Eka Gustiwana
Alvin Bahar

Eka Gustiwana

Jaringan internet ngasih medium baru bagi pemusik untuk menyalurkan karya-karyanya, termasuk Eka Gustiwana, pencipta lagu di belakang video speech composing Arya Wiguna, Syahrini dan lain-lain yang populer di YouTube itu. Penasaran sama tips bikin musik digital dari Eka Gustiwana?

Eka ngaku, medium-medium online bikin pekerjaan sebagai pencipta musik yang mengandalkan aneka instrumen digital dan komputer makin mudah. Eka pun berbagi tips untuk para pemula yang sedang mencoba merambah ranah musik, terutama lewat pemanfaatan media internet.

Berikut ini rangkumannya, dari hasil wawancara KompasTekno dengan Eka Gustiwana:

Baca Juga: Ini Dia Proyek Baru Eka Gustiwana

Tips 1: Jangan malu

Kadang seseorang merasa nggak percaya diri nge-upload karya yang dibuatnya. Ini menurut Eka merupakan tantangan yang pertama kali harus diatasi. lho

"Malu itu nggak ada obatnya, kamu harus sembuh saat ini juga dan mulai upload," kata Eka. Dia menyebutkan media-media semacam Facebook, SoundCloud, dan YouTube yang bisa digunakan untuk memajang karya dan menuai respons dari pengguna internet lain.

Respon ini pun, baik bersifat positif atau negatif, bisa menjadi input yang berharga buat kamu. Sebuah karya yang bagus, menurut Eka, akan populer dengan sendirinya. Yang mendapat sambutan kurang baik pun selalu dapat manjadi bahan pembelajaran.

Eka sendiri nggak begitu saja berkiprah menjadi komposer lagu. Pada masa-masa awalnya dulu, Eka mengaku sering bekerja "gratisan" alias tanpa bayaran demi membangun reputasi dan mendapat pengalaman.

"Saya kebetulan tak ada latar belakang sarjana musik, tapi buktinya saya bisa. Intinya jangan berkecil hati karena selalu ada jalan," ujar Eka.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest