Follow Us

Dari Mana Sih YouTubers Dapet Duit?

Alvin Bahar - Kamis, 30 Juni 2016 | 03:30
YouTube
Alvin Bahar

YouTube

Setiap menit, ada 500 jam video yang di-upload ke YouTube. Yap, memang makin banyak orang yang upload video di YouTube setiap harinya. Soalnya, jadi YouTubers nggak hanya buat fun aja, tapi juga dapet duit.

YouTuber, baik individu, kelompok, komunitas, hingga perusahaan besar, memproduksi video- video uniknya sendiri, khusus untuk ditampilkan di YouTube, dan percaya nggak percaya, sebagian dari mereka berhasil meraih kesuksesan dan menjadikan YouTube sebagai sumber mata pencaharian.

Dengan membuat video sesuai passion mereka, YouTube membantu mereka menjadi passionpreneur!

Contohnya seperti YouTuber dengan penghasilan terbesar menurut riset Forbes, yakni PewDiePie.

PewDiePie yang memiliki nama asli Felix Arvid Ulf Kjelberg sering membuat video tentang game yang ia mainkan dan memberikan komentar-komentarnya.

Banyak yang memuji PewDiePie karena ia sering terlibat berdiskusi dengan fans-nya lewat kolom komentar. Berapa penghasilan PewDiePie? Menurut Forbes, dalam setahun, ia mendapatkan 12 juta dollar AS.

Baik direncanakan atau nggak, YouTube berkembang menjadi semacam industri tersendiri, dengan pengguna yang dapat menjadikan YouTube sebagai lahan untuk peluang mendapatkan income, atau bahkan sebagai profesinya.

Tetapi sebenarnya, dari mana asal uang dan income para YouTuber ini? Mengingat kita sebagai penonton nggak membayar sama sekali untuk menonton karya mereka, bagaimana mereka mendapatkan uang?

Ada beberapa cara atau potensi yang menjadi sumber uang para YouTuber. Rangkumannya ada di halaman selanjutnya.

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest