Follow Us

3 Motor Listrik ini bakal Seliweran di Jalanan Indonesia!

Hai Online, Eko Nugroho - Senin, 05 September 2016 | 10:30
Jajaran produk Zero Motorcycles yang udah lama nongol di gelaran otomotif Indonesia
Hai Online

Jajaran produk Zero Motorcycles yang udah lama nongol di gelaran otomotif Indonesia

Guys, jaman pasti berkembang, dan teknologi juga ikutan maju. Industri otomotif juga nggak mau ketinggalan. Banyak produsen yang memikirkan bagaimana menciptakan produk dengan bahan bakar alternatif selain bahan bakar minyak.

Khusus untuk produsen roda dua yang udah siap dari lama soal sepeda motor bertenaga listrik, yaitu Zero Motorcycle. Produsen asli Amerika ini nyatanya udah sering nongol di event-event otomotif nasional, yang berarti emang dijual di pasar Indonesia.

Nah, nggak mau ketingggalan, pabrikan Jepang yang merajai pasar sepeda motor Indoensia juga bikin motor listrik. Apalagi unitnya diuji coba dan bakalan seliweran di jalanan. Yaitu Honda EV Neo yang berbentuk skutik untuk satu penumpang aja.

Honda EV Neo sendiri bisa menempuh jarak 34 kilometer, yang kalau disamain itu kayak motor 50 cc berbahan bakar minyak. Nah, untuk bisa menempuh jarak segitu, EV Neo kudu discharge selama 3,5 jam. Atau bisa juga setengah jam dalam mode pengisian cepat. Motor ini bisa dipacu sampai kecepatan 30 km/jam, dan bisa menanjak dengan kecuraman maksimal 12 derajat.

Selain Honda, sebelumnya ada GESITS yaitu sepeda motor listrik besutan dalam negeri yang dikenalkan pada Mei 2016 lalu. Skutik ini adalah hasil kerja sama antara Garansindo Group dengan Institut Teknologi Sepuluh November, makanya bernama Garansindo Electric Scooter ITS. Berbeda dari Honda EV Neo, tampilan skutik ini emang rada gahar, jek!

GESITS, jika dalam kondisi baterai penuh bisa menempuh jarak 80 sampai 100 km, lho. Selain itu, bisa diajak ngebut sampai 100 km/jam atau setara 125 cc skutik berbahan bakar bensin. System penggeraknya pun menggunakan belt seperti skutik konvensional.

Honda EV Neo dan GESITS memang baru dikenalkan ke publik. Ini lantaran untuk keperluan uji coba, sekaligus tes pasar. Tapi, tahun depan dan dua tahun berikutnya, kedua motor listrik ini bakal resmi dipasarkan di Indonesia.

Yang namanya teknologi baru udah pasti akan menimbulkan pro dan kontra. Tapi, apakah kita siap untuk menghadapi tuntutan jaman? Kasih komentar lo di kolom bawah ya guys.

Baca Juga

Indonesia Siap Punya Motor Listrik Gesits

Rem Bermasalah, Mobil Listrik Mitsubishi Ditarik

Source : Kompas.com, otomotifnet.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest