Follow Us

Gara-gara Hal Ini, Siswa SMA di Semarang Diterima Tanpa Tes di National University of Singapore

Alvin Bahar - Senin, 29 Agustus 2016 | 03:15
Kwee Lung Sin
Alvin Bahar

Kwee Lung Sin

Impian Kwee Lung Sin, siswa SMA Karangturi, Semarang untuk bisa melanjutkan studi di National University of Singapore (NUS) semakin dekat. Keberhasilan meraih medali perunggu dalam International Olympiad in Informatics (IOI) di Kazan, Rusia 19 agustus lalu, bikin ia bisa kuliah di Singapura tanpa tes.

"Senang saja, misal nggak meraih medali pun saya tetap ingin berkuliah di sana, jadi ini seperti impian yang hampir menjadi kenyataan," terang Lung Sin ketika dijumpai Tribun Jateng di Sekolah Nasional Karangturi, Jumat (26/8).

Baca Juga: Singapura; Kampung Nelayan yang Terkenal & Banyak Aturan

Walau kesempatannya diterima besar, ia sedang mengincar beasiswa untuk bisa melanjutkan studi di Singapura. "Soalnya yang sudah pasti hanya masuk tanpa tes, namun untuk meraih beasiswa harus ada tes wawancara lagi, jadi sekarang saya sedang cari kenalan senior yang sudah berhasil menembus beasiswa di NUS," beber siswa Kelas XII tersebut.

Informasi yang sudah ia dapat adalah beasiswa yang diberikan dari NUS biasanya juga ada syarat kontrak kerja hal itu yang masih membuatnya bimbang. "Tapi dapat atau nggak beasiswa saya tetap ingin kuliah di NUS jurusan ilmu komputer," tandasnya.

Di lain sisi, Kepala SMA Karangturi Drs Suswna MPd berpesan, setelah menempuh pendidikan di Singapura nanti Lung Sin kembali ke Semarang untuk mengabdi pada kota tercinta. "Kami dari sekolah juga memberikan reward yakni memberikan tambahan nilai raport untuk Lung Sin," beber Susena.

Ia menjelaskan, keberhasilan siswanya ini diharapkan bisa memacu adik kelas dari Lung Sin. Ia juga menjelaskan untuk mengejar ketertinggalan pelajaran siswa yang mengikuti Olimpiade pihaknya menyediakan klinik siswa yang dilaksankan setiap hari Sabtu.

"Karena persiapannya itu lama di Jakarta, jadi banyak tertinggal mapel, nah di klinik ini mereka yang ikut Olimpiade tetap masuk pada hari Sabtu untuk mengejar ketertinggalan," jelas Susena.

Salut deh buat kamu, Lung Sin!

source: Tribunnews.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest