Follow Us

Ilmu Politik itu Asik

- Selasa, 03 Mei 2016 | 07:15
Saya mau mengadopsi kebaikan politik di negara ini!
Hai Online

Saya mau mengadopsi kebaikan politik di negara ini!

Kuliah Ilmu Politik sekarang dibikin asik, demi politik indonesia yang makin baik

“Sistem politik di Indonesia sudah on the right track. Kemajuan yang sudah dicapai harus diikuti dengan konsolidasi yang baik dan dijalankan secara konsisten. Karena itu, Indonesia masih membutuhkan politisi berkualitas, yang nggak cuma memiliki pengetahuan di bidang politik, namun juga karakter yang baik. Salah satunya melalui institusi pendidikan,” ujar Dr. Jerry Sambuaga, dosen Program Studi Hubungan Internasional dan Ilmu Politik, FISIP UPH.

Setuju dong kalau situasi politik di Indonesia tuh makin rame dari hari ke hari? Cerita dari dunia politik nggak pernah sepi. Dan kerennya, di jaman kita bisa mention-mention-an sama Presiden ini kita-kita yang masih berbaju sekolah pun udah mulai nggak sekolah pun udah mulai nggak canggung ngomongin politik.

Singkatnya, demokrasi sebagai salah satu capaian politik negara kita ini kian terwujud.

Karena dinamisnya dunia politik, para ahlinya bakal terus diperlukan. Dan perlu dicatat, ahli politik yang Indonesia butuhkan tuh yang baik lho yah. Bukan cuma yang jago ngomong, jago pencitraan, dan jago nego.

“Politisi yang dibutuhkan adalah yang mau menjalankan sistem. Jadi kuncinya sistem politiknya harus baik, maka politisinya juga akan baik,” kata Dr. Jerry lagi.

Nah, satu hal yang perlu kamu tahu, politik itu bukan cuma terjadi di gedung DPR dan di masa Pemilu aja. Pak Jerry menyebutkan bahwa politik itu bagian dari sistem. Politik tuh ada dan dibutuhkan di banyak aspek kehidupan.

“Politik itu selama dalam koridor yang bersifat pengetahuan, dialog, penelitian atau seminar, saya pikir itu sah-sah saja. Ini salah satu cara penyadaran politik yang baik,” jelas pak Jerry.

Yap, itulah mengapa dalam Ilmu Politik di kampus-kampus, politik bisa dipelajari dalam bidang-bidangnya yang lebih spesifik. Ada politik Indonesia, politik internasional, politik perbandingan, political theory atau political philoshopy, dan lain-lain.

Kabar serunya, sekarang ini ada kampus yang buka bidang peminatan Politik dan Bisnis. Kampus itu adalah Universitas Pelita Harapan, sejak tahun 2015 jurusan ini dibuka di bawah program studi Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Di era MEA ini, ketika investor asing ingin menanamkan modal dan mengembangkan bisnisnya di Indonesia, maka mereka perlu mengetahui resiko politik dan keamanan di Indonesia. Karena itulah ahli bisnis dan politik sangat dibutuhkan.

“Karakteristik khusus itu perlu. Nggak banyak kampus yang menerapkan peminatan khusus. Ini penting sehingga mahasiswa bisa memilih dan tahu ke depannya akan terjun ke mana atau karir apa yang akan digeluti, ” ungkap pak Jerry.

See, udah terbukti kan, kalau politik itu emang bisa dibikin asik dan dipakai di berbagai bidang kehidupan. Dengan kuliah di Ilmu Politik, kita membantu negeri ini dengan menjadi praktisi politik yang memiliki karakter mulia, bukan sekadar yang jago bikin citra dan memainkan kuasa.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest