Follow Us

Ini Dia Tips Belajar Kebut Semalam

Rizki Ramadan - Senin, 04 April 2016 | 09:44
Belajar
Rizki Ramadan

Belajar

Ngaku deh, pastii kalian sering, kan, saat mau ujian tapi baru belajarnya semalam sebelumnya. HAI tau, kalian itu santai menghadapi ujian bukan melulu karena malas, melainkan karena baru tau kalau bakal ada ujian. Pasti pernah dong kena zonk kayak gitu.

Nah, menghadapi zonk kayak gitu pun, tipe siswa santai nggak bakal panik-panik amat. Soalnya, mereka pasti udah tau gimana alur penyelamatan dirinya. Yap, sistem belajar kebut semalam!

“(belajar kebut semalam) itu pilihan terakhir. Biasanya, setelah ujian pun bakalan lupa lagi,” celetuk Debora Christiani dari SMAN 9 Surabaya

Tentu, walaupun belajarnya ngebut, tetap perlu strategi juga, bro! Modal ngebut doang mah, yang ada celaka. Menurut Alfie, yang perlu dilakukan adalah memelajari bab-bab yang belum kita pahami aja. Jangan dibaca semuanya.

“Tapi kalo udah nggak ada waktu lagi alias mepet banget ya baca aja sekilas yang bagian udah dimengerti gitu,” tambah Alfie. Yap, ketika nggak bisa fokus yang materi baru, ya perkuat materi yang udah kita pahami aja.

Debora ternyata punya trik khusus yang bisa dicontoh juga. Cewek penggiat astronomi ini suka banget buat istilah-istilah khusus buat hafalin materinya.

“Kalo aku sendiri, sering banget buat singkatan-singkatan gitu biar mudah kalo hafalan. Apalagi materi-materi yang butuh banget hafalan,” tuturnya.

Cukup? belum. Tips dari cowok penggiat Teladan Science Club asal SMAN 1 Yogyakarta bernama Zidni Amien satu ini juga bisa kita contoh.

“Tips ampuhnya, bikin catatan kecil aja yang mudah dibawa kemana-mana. Bisa berisi ringkasan materi, kumpulan rumus, dan lain-lain. Pasti lebih mudah mengingat materi nya daripada buka buku yang tebal,” ujar Zidni menyakinkan.

Wah, boleh ditiru nih!

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular