Follow Us

Santai Saat Ujian Tapi Nilai Tetap Aman. Kok bisa sih?

Rizki Ramadan - Senin, 04 April 2016 | 09:42
santai saat ujian, tapi nilai tetap aman
Rizki Ramadan

santai saat ujian, tapi nilai tetap aman

Di setiap kelas pasti ada satu-dua teman yang selalu keliatan santai, bahkan, saat menghadapi ujian, dia sering ngaku nggak belajar sama sekali, tapi pas pengumuman nilai, eh, nama dia ada di urutan atas.

Ya, tipe temen kayak gini emang nyebelin. Bikin gondok! Di satu sisi, ketika dia ngaku nggak belajar, hati tenang. Ngerasa ada temen yang sama-sama nyantai, atau sebaliknya, ngerasa bisa dapet nilai lebih tinggi darinya. Eh, taunya, dia malah lebih bagus hasilnya.

“Temen kayak gitu ngeselein. Dia PHP (pemberi harapan palsu, RED). Udah setuju nggak belajar, eh ujung-ujungnya dia selamet dari remedial,” ujar Rakananda, siswa SMA Dian Didaktika.

Alfie Islamia .F contoh temen yang seperti itu. Siswi SMKN 5 Surabaya ini emang sering banget santai banget jelang ujian. “Kalo aku tuh orangnya santai banget. Kalo misal pas belajar nih lagi badmood atau lagi nemu materi yang susah banget masuknya aku tutup lagi deh bukunya,” katanya. “Kalo nyiapin buat ujian dibuat serius malah enggak akan masuk materinya,” imbuh siswi kelas XII yang nilai rata-ratanya nggak pernah dibawah 80. Selalu di atas standar nilai sekolahnya.

Siswi jurusan Kimia Analis ini menuturkan juga kalau dia nyantai bukan karena PD mengahadapi ujian. “Kalo aku nih, nyantai banget bukan karena aku udah bisa atau udah sering enggak belajar tapi nilaiku aman. Bukan itu sih, tapi lebih ke malesnya itu, lho. Kadang itu males banget buat buka buku atau nggak karena banya faktor eksternal gitu,” canda siswi yang aktif Pramuka ini.

Audy dari SMA Highschope Jakarta juga ngaku sering jadi tipe temen yang santai menghadapi ujian. “Di beberapa mata pelajaran gue emang nggak belajar, tapi dari awal udah ngerti seluruh konsepnya. Jadi buat gue tinggal review sedikit aja,” kata Audy yang nilainya selalu aman.

Kalau tes biasa atau ujian tengah semester masih wajar lah dibawa santai. Tapi nyatanya, tipe siswa satu ini ternyata tetap santai juga, lho, menghadapi ujian sekelas ujian nasional.

“Kalo ditanya persiapan UN sih yaa masih 50%, buat aku sih UN enggak lagi jadi beban. Tapi sebenernya kalo udah mepet nih sama hari H, tetep aja bakalan kepikiran,” curhat Alfie kepada HAI saat seminggu jelang UN.

Bahkan, ada juga, lho, yang jelang UN malah memperbanyak hangout dari pada belajar. Neily Fadila dari SMAN 3 Yogyakarta contohnya.

“Percuma kalau stres nya udah mepet UN gini, Aku malah sering nongkrong ke café-café unik sekitaran Jogja bareng temen-temen biar nggak stres, kadang malah karaokean juga,” beber siswi yang mengaku hasil try out nya aman-aman aja.

Bahkan, doi sampai dengerin lagu-lagunya Adele seumpama lagi suntuk baca buku pelajaran dan garap soal latihan UN. “Dibawa santai sambil ndengerin lagu-lagu nya Adele aja Aku mah kalau suntuk gitu,” repet cewek yang hendak memilih UGM sebagai tambatan hatinya.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular