Follow Us

Dua Pelajar SMA Jayapura Lolos Penerbangan Roket NASA

- Rabu, 30 Maret 2016 | 07:15
Atlas V Nasa udah berangkat
Hai Online

Atlas V Nasa udah berangkat

2 siswa dari SMA Advent Doyo Baru (Bob Kaway dan Tithus Lamek Yewi) dinyatakan lolos flight test NASA yang ketat dan dinyatakan boleh diluncurkan ke International Space Station untuk melakukan penelitian bersama NASA yang tergabung sebagai tim 20 peneliti muda Indonesia dan hasil penelitian mereka akan dipresentasikan di Annual Conference of the American Society for Gravitational and Space Research di Washington DC dalam bulan November 2016,” begitu status yang ditulis Noldy Worone beberapa jam lalu melalui kaun facebook.

Kabar dua pelajar SMA Jayapura ini langsung bikin heboh netizen. Pasalnya, setelah percobaan Bob Kaway dan Tithus Lamek Yewi benar-benar diterima, NASA langsung membawanya menumpang Roket Atlas 5 ke luar angkasa. Wow!

Siapa 2 Pelajar Keren ini?

Bob Kaway dan Tithus Lamek Yewi adalah dua siswa dari SMA Advent Doyo Baru, kota Jayapura, Papua. Kolaborasi keduanya dalam eksperimen ilmiah padi dan tempe sukses melewati tes penerbangan sehingga percobaan keduanya layak dibawa ke luar angkasa.

Roket tersebut sudah lepas landas dari Space Launch Complex 41 di Cape Canaveral Air Force Station, Amerika Serikat dengan membawa kargo Cygnus bersama perangkat eksperimen ilmiah dari siswa-siswa Indonesia nan membanggakan ini.

Biar lebih jelas, dua eksperimen tersebut dibentuk dalam sebuah micro-lab yang nantinya difungsikan untuk meneliti apakah ragi (tempe) dan padi akan bisa tumbuh dalam kondisi gravitasi nol.

Anak IPA + Bahasa

Siapa sangka jika Bob Kaway dan Tithus Lamek adalah dua siswa yang kelasnya bersebrangan. Maksudnya, keduanya berbeda jurusan kelas. Yang satu mengambil program IPA, satu lagi program bahasa. Berikut biodata singkat mereka!

Nama Lengkap : Bob Royend Sabatino Kaway TTL : Sentani, 22 Oktober 1997 Alamat : Kampung Bambar, Distrik Waibu, Kab. Jayapura Umur : 18 Tahun Cita – Cita : Pendeta dan Dokter Sekolah : SMA Advent Doyo Baru Kelas : XII IPA

Nama Lengkap : Tithus Lamek Yewi TTL : Suna, 24 Juni 1997 Alamat : Kampus SLA Doyo Baru Umur : 18 Tahun Cita – Cita : Ambasador (Duta Besar) dan Ilmuan Sekolah : SMA Advent Doyo Baru Kelas : XII Bahasa

Proyek SMA Gabungan

Sebenarnya, bukan cuma Bob Kaway dan Tithus Lamek yang diajak dalam program ekperimen di Roket Atlas 5 milik NASA tersebut. Menurut informasi dari situs lipi.go.id, ada beberapa nama-nama siswa yang terlibat dalam proyek tersebut dan proyek SMA Gabungan ini terbagi dalam dua tim, yakni tim Ragi dan tim Padi.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest