Follow Us

Tenang, Instagram Nggak Berubah, Nggak Perlu Turn On Post Notifications

Alvin Bahar - Selasa, 29 Maret 2016 | 06:45
@nanaba_records
Alvin Bahar

@nanaba_records

Siapa yang timeline Instagram-nya kebanjiran post ajakan untuk Turn On Post Notifications? Memangnya pada kenapa sih? Instagram berubah?

Pemilik akun Instagram beramai-ramai meminta follower-nya untuk mengaktifkan fitur "Post Notification." Alasannya, mereka khawatir postingan-nya nggak muncul di timeline pengguna saat Instagram mulai menggunakan algoritma baru dalam timeline-nya.

Menanggapi kepanikan massal ini, Instagram pun angkat bicara. Pihak Instagram menjelaskan tentang cara penyajian konten di timeline jejaring sosial berbasis foto itu saat menggunakan algoritma baru.

Menurut juru bicara Instagram, seperti dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (29/3), algoritma tersebut sama sekali nggak bertujuan utnuk menghapus sebuah postingan dari timeline.

"Kami hanya mengatur ulang urutan postingan-nya saja, kami ingin membuat pengguna melihat postingan yang paling diminati, termasuk juga dari brand (akun jualan)," kata juru bicara tersebut.

Dengan demikian, pemilik akun Instagram yang dipakai untuk tujuan bisnis/berjualan, mengelola komunitas, dan sebagainya, nggak perlu khawatir, sebab postingan mereka nggak akan dihapus, hanya saja mungkin nggak ditampilkan di atas.

Don't miss our updates on Instagram - make sure to turn on post notifications by clicking … https://t.co/q6QdXeYiJR pic.twitter.com/zP9zbVs9jD

— ChesterBenningtonNet (@ChesterBNetwork) March 28, 2016

Namun demikian, algoritma yang dipakai Instagram juga nggak ditujukan untuk mengerdilkan akun-akun seperti di atas. Instagram ingin menampilkan konten yang relevan dan sesuai dengan minat.

Jadi, jika minat seseorang terhadap suatu akun brand/bisnis tinggi, dan interaksinya juga intens, besar kemungkinan akun tersebut disajikan di urutan atas.

"Kami nggak mengoptimalkan berdasar performa dan popularitas saja, kami memakai Likes dan komentar sebagai sinyal, sementara timeline dan hubungan antara pengunggah foto/video dan viewer-nya juga penting," kata juru bicara Instagram.

Sebagaimana diketahui, Instagram akan membuat postingan di timeline seperti Twitter, nggak berurutan berdasar waktu posting (chronological order), melainkan memperlihatkan momen-momen yang dirasa Instagram paling penting bagi penggunanya lebih dulu.

Dengan demikian, saat membuka aplikasi, bukan unggahan terbaru dari akun yang di-follow yang terpampang di layar teratas. Dengan algoritma seperti itu, bisa jadi postingan dari akun Instagram tertentu nggak muncul di timeline. Turn On Post Notifications boleh kamu gunakan untuk akun-akun yang memang dirasa penting.

We're listening and we assure you nothing is changing with your feed right now. We promise to let you know when changes roll out broadly.

— Instagram (@instagram) March 28, 2016

Namun, lewat Twitter, Instagram mengabarkan kalau sekarang belum ada yang berubah di timeline kita. Belum diketahui kapan Instagram akan mengubah total sistem algoritma timeline mereka.

Source : Hai Online

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest