Follow Us

Gerakan Menuju Smart City 2023 Resmi Ditutup, 50 Kota dan Kabupaten Dapat Penghargaan!

Yussy Maulia - Jumat, 08 Desember 2023 | 12:04
Kemenkominfo kembali gelar Gerakan Menuju Smart City di 2023.
DOK. Infokomputer

Kemenkominfo kembali gelar Gerakan Menuju Smart City di 2023.

HAI-Online.com - Gerakan Menuju Smart City 2023 resmi ditutup pada Kamis (7/12/2023) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan.

Gerakan Menuju Smart City merupakan inisiatif yang digulirkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk mendorong pengembangan kota dan kabupaten cerdas di seluruh Indonesia.

Lewat gerakan ini, pemerintah kota dan kabupaten dibimbing untuk menyusun rencana pembangunan berdasarkan enam dimensi kota cerdas, yaitusmart governance, smart branding, smart economy, smart society, smart living, dan smart environment.

Konsep masterplan yang telah dirumuskan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) nantinya akan ditinjau kembali melalui program cepat (quick wins).

Pada acara penutupan gerakan ini, sebanyak 50 kota dan kabupaten memperoleh penghargaan karena dinilai berhasil menyusun rencana induk pembangunan berbasis kota cerdas.

Penghargaan kepada 50 kota dan kabupaten tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Kemenkominfo Budi Arie Setiadi.

“Penghargaan ini kami berikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kota dan kabupaten yang sukses mengadaptasi teknologi untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Budi.

Secara total, ada 241 kota dan kabupaten yang telah berpartisipasi menyusun pembangunan dalam Gerakan Menuju Smart City bersama Kemenkominfo sejak 2017.

Gerakan Menuju Smart City juga turut didukung oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Dukungan juga dilakukan oleh Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), dan Kantor Staf Presiden (KSP).

Inisiatif menuju Indonesia Emas 2045

Editor : Sheila Respati

Latest