Follow Us

5 Momen Moshing dan Mosh Pit Terliar yang Pernah Terekam Kamera

Rifka Amalia - Kamis, 23 Maret 2023 | 05:27
Area mosh pit saat Exodus bawakan
YouTube

Area mosh pit saat Exodus bawakan

HAI-ONLINE.COM – Punya gerakan saling mendorong dan membenturkan tubuh antara satu sama lain di tengah area lingkaran, mosh pit berawal dari tarian Pogo milik komunitas Punk di Los Angeles, Amerika Serikat, pada tahun 1975 hingga 1980.

Menurut situs Variety Store TV, nggak lama setelah kemunculan Pogo dance, komunitas pecinta musik hardcore akhirnya ikut punya tarian serupa yang diberi nama slam dancing.

Seiring waktu, gerakan-gerakan itu disebut sebagai moshing, yang kemudian diibaratkan sebagai sebuah energi agresif yang dikeluarkan oleh musisi dan kemudian diterima oleh para penontonnya di tempat konser.

Sementara, dalam sebuah studi yang dicatat oleh Nicholas Mott dari National Geographic News, para antropolog menyebut tarian mosh pit sebagai bentuk ritual sosial yang mengibaratkan aktivitas kerasukan roh, dalam sifatnya yang nggak terkendali, dinamis, dan seringkali keras.

Baca Juga: Fenomena Penonton Gigs Lokal Naik ke Panggung: Norak Apa Maklum?

Meski beberapa grup musik – diantaranya The Smashing Pumpkins – nggak setuju dengan adanya mosh pit, hingga kini tarian tersebut tetap menjadi kecintaan para metalhead dan kian eksis di setiap pagelaran musik keras.

Nggak jarang memakan korban, kerumunan mosh pit beberapa kali terekam jadi sebuah lingkaran yang chaos dan extreme.

HAI merangkum 5 rekaman mosh pit terliar yang pernah ada, yang dikutip dari catatan resmi milik Metal Hammer.

Gojira (Resurrection Festival, 2014)

Metal Hammer menyebut “Flying Whales” sebagai moshpit-starter yang bonafide, yang berhasil mengilhami ‘wall of death’ dalam gelaran Spain Resurrection Festival tahun 2014 lalu.

Yang lebih ikonik, adalah ketika sang frontman Gojira, Joe Duplantier, memberikan intruksi kepada penontonnya yang berpakaian aneh dengan mengatakan: “Hei! The Banana! Mundur!

Nggak lama, pentolan Duplantier mengeluarkan kata-kata mutiara kepada seorang frenchman yang membawa benderanya: “Keluarkan bendera Prancis itu dari sini!"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest