Follow Us

29 Tahun Album Soundgarden 'Superunknown': Ini 3 Fakta Menarik di Balik Album Tersebut

Nada Aprillia - Jumat, 10 Maret 2023 | 09:55
Album Superunknown milik Soundgarden
Loudersound

Album Superunknown milik Soundgarden

HAI-ONLINE.COM - Pada 8 Maret, 29 tahun yang lalu Soundgarden ngerilis album mereka yang dinilai sukses banget, yakni Superunknown.

Rocker Seattle itu udah ngerilis tiga album full-length, tapi upaya mereka di album keempat itulah yang bener-bener sukses melambungkan mereka menjadi bintang rock.

Nah, mungkin ada sebagian dari lo yang nggak terlalu lama mengenal Soundgarden dengan sederet karyanya.

Soundgarden awalnya adalah trio ketika mereka terbentuk pada tahun 1984, menampilkan Cornell pada vokal dan drum, Kim Thayil pada gitar dan Hiro Yamamoto pada bass, yang mana setelahnya digantikan oleh Bend Shepherd.

Baca Juga: Rock & Roll Hall of Fame Umumkan Daftar Nominasi 2023: Ada Iron Maiden

Mereka menjadi sebuah band beranggotakan empat orang dua tahun kemudian, ketika Matt Cameron bergabung pada drum, agar Cornell bisa lebih fokus pada vokal dan gitar rhytm-nya.

Kali ini, HAI bakal kasih 3 fakta penting album Superunknown yang mungkin belom lo ketahui kalo bukan fans garis kerasnya Soundgarden.

1. Album tersukses Soundgarden hingga saat ini.

Badmotofinger (1991) dikenal sebagai album terobosan Soundgarden, menelurkan hits 'Rusty Cage' dan 'Outshined'.

Tetapi Superunknown adalah yang bener-bener bikin mereka masuk ke dalam arus utama dan ngasih mereka kesuksesan komersialn terbesar.

Sering dibandingkan dengan album Nevermind milik Nirvana dan Dirt milik Alice in Chains sebagai salah satu album paling berpengaruh di tahun 90an, album ini memulai debutnya di No.1 dan udah disertifikasi lima kali platinum oleh RIAA.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular