Follow Us

Noxa Siap Gelar Festival Musik Metal Ekstrim NOXAFEST V Pada Juni 2023

Alvin Bahar - Kamis, 09 Maret 2023 | 10:54
Press conference NOXAFEST V
Noxa

Press conference NOXAFEST V

HAI-ONLINE.COM - Setelah pulang dari tur di Finlandia pada tahun 2008 dan tampil di panggung Tuska Metal Festival serta beberapa titik tur di Eropa, Noxa memutuskan untuk membuat acara festival untuk komunitas mereka di Indonesia dengan tema festival musik metal ekstrim.

Festival itu pertama kali dilaksanakan pada ulang tahun ke-10 dari band grindcore garda depan asal Jakarta tersebut pada tahun 2012 dengan nama NOXA FEST dan tema 10 Years Grinding Party.

Acara itu juga diadakan sebagai penghormatan kepada mendiang Robin Hutagaol, dramer pertama Noxa yang meninggal pada 17 Januari 2009.

Dari sana, tercetuslah ide untuk mengadakan acara musik ekstrim sebagai wadah bagi band baru dan generasi penerus di skena musik ekstrim.

NOXA FEST kembali diadakan pada tahun 2017 dengan tema Noxa 15 Years dan menampilkan band tamu dari luar negeri seperti Wormrot dari Singapura, Kandarivas dari Jepang, Senjakala dari Brunei Darusalam, Asilent dari Singapura, Extreme Decay dari Malang, dan lainnya.

Respon positif dari skena menginspirasi Noxa untuk mengadakan NOXA FEST ketiga dan keempat pada tahun 2018, yang juga menampilkan band tamu dari luar negeri seperti Rottensound dari Finlandia, band dari Thailand dan Malaysia serta Death Vomit dari Yogyakarta.

Rencana untuk NOXA FEST kelima pada tahun 2020 terpaksa ditunda karena kepergian vokalis Noxa, Tonny Christian Pangemanan, dan pandemi yang melanda.

Namun, seiring dengan melandainya pandemi, NOXA FEST V akhirnya akan dilaksanakan pada 4 Juni 2023 mendatang. NOXA FEST kali ini akan mengusung tema "Indonesia x Polandia" dengan misi agar kedua negara bisa saling mengenal dan berhubungan di bidang budaya.

Acara ini juga akan didedikasikan untuk Tonny Christian Pangemanan. NOXA FEST V akan menampilkan tiga band death metal dari Polandia, yaitu Vader, Hate, dan Thy Disease, serta beberapa band dari luar kota Jakarta.

“Kami di sini akan mengundang tiga band (death metal) dari Eropa, tepatnya dari Polandia yaitu Vader, Hate dan Thy Disease. Kami rencananya juga akan mengundang band-band dari luar kota Jakarta,” seru Ade memastikan.

Sejak terbentuk pada Maret 2002, Noxa telah merilis lima album studio dan kini dihuni oleh Dipa Biomantara (bass), Alvin Eka Putra (drum), dan Diegoshefa (vokal).

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest