Follow Us

Seni Bernyawa Otaku, Seniman Bandung, Machine56 Gelar Solo Exhibition di Jepang

Al Sobry - Jumat, 17 Februari 2023 | 14:00
Keren! Seniman Bandung, Machine56 Gelar Solo Exhibition di Jepang
IG/M56

Keren! Seniman Bandung, Machine56 Gelar Solo Exhibition di Jepang

HAI-Online.com - Masih ingat nggak dengan pernyataan kesan seniman kontemporer asal Jepang, Takashi Murakami saat mengisi acara di IdeaFest tahun lalu?

Nah, Takashi Murakami yang menjadi salah satu pembicara talk show menyebut salah satu seniman Indonesia yang menjadi favoritnya, yakni Machine56.

Gayung pun bersambut, kini seniman asal Bandung, Machine56 (M56), tengah menggelar pameran tunggalnya di Jepang usai digandeng Takashi Murakami.

Baca Juga: Seniman Asal Bandung, Machine56 Jadi Seniman Indonesia Favorit Takashi Murakami

Yap, pameran bertajuk ‘M56 Archive Showcase, Japan 2023’ ini sedang dan akan berlangsung dari 14-28 Februari mendatang di Kaikai Zingaro & Hidari Zingaro yang merupakan tempat pameran milik Takashi Murakami di Nakano Broadway, Nakano, Tokyo, Jepang.

Ternyata, keberhasilan M56 untuk menunjukkan karya-karyanya yang berbau mechanical di Jepang bukan cuma karena kesan yang disampai Takashi Murakami di acara akhir tahun lalu.

Namun, perkenalan antara Murakami dan karya M56 dimulai sekitar 5-6 tahun lalu ketika mecha designer JNTHED memakai pakaian yang menurutnya keren.

Murakami akhirnya mengetahui bahwa pakaian tersebut dari M56 dan akhirnya menjalin komunikasi dalam beberapa waktu.

Ketika Murakami datang ke Indonesia untuk menjadi speakers dalam IdeaFest, ia langsung melakukan pertemuan dengan M56 untuk pertama kalinya.

Walaupun terhalang perbedaan bahasa, Murakami langsung menawarkan M56 untuk melakukan solo exhibition di sebuah galeri kecil di Nakano, Jepang.

Bagi Murakami, karya-karya M56 yang erat dengan kultur otaku Jepang menghadirkan sisi keren tersendiri.

“Karya-karyanya adalah bagaimana visinya sendiri tentang budaya otaku Jepang. Memang [karyanya] terasa lebih dekat dengan seni daripada festyen, dan saya percaya kualitas produk-produknya seperti helm, bats, dan lainnya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest